Pj. Bupati Muhammad Farid Apresiasi Simulasi SISPAMKOTA Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2024

PANGKALAN BALAI — Penjabat Bupati Banyuasin Muhammad Farid menghadiri kegiatan simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja Musi 2024, dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024 di Kabupaten Banyuasin,Sabtu (24/8/2024).

Kegiatan simulasi yang digelar Polres Banyuasin tersebut disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj)
Bupati Banyuasin, Muhammad Farid didampingi Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo Ketua KPU Banyuasin dan Kepala Kesbangpol, bertempat di Lapangan Kantor Bupati Banyuasin.

Muhammad Farid menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan simulasi yang telah dilaksanakan oleh Polres Banyuasin dalam rangka pengamanan Pemilukada Tahun 2024 di Kabupaten Banyuasin yang telah berjalan dengan sukses.

“Tentunya Pemkab Banyuasin sangat memberikan apresiasi dengan kesiapan pengamanan Pilkada ini. Harapannya mari bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif, agar di Kabupaten
Banyuasin tercipta suasana Pilkada yang aman dan damai,” ujarnya saat di wawancara langsung.

Sementara itu, Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo menjelaskan, kegiatan simulasi ini bertujuan untuk mematangkan segala kesiapan personel dalam rangka pengamanan Pemilukada Tahun 2024 di Kabupaten Banyuasin, agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia menambahkan, dalam hal pengamanan Pilkada di Kabupaten Banyuasin, pihaknya dari Polda siap mengamankan agar pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Banyuasin dapat berjalan lancar dan aman sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Melalui simulasi ini merupakan bentuk
kesiapan pihak Polri dalam hal ini Polres Banyuasin dalam melakukan pengamanan Pemilukada di Kabupaten Banyuasin. Selain itu, dalam pengamanan ini Polri juga tentunya bersinergi dengan TNI, maupun dari pihak Pemkab Banyuasin, ujarnya.

Adapun dari pantauan di lokasi, pada pelaksanaannya, simulasi dimulai dari Apel Persiapan Patroli hingga melakukan patroli keliling pada Tahapan Pilkada Tahun 2024. Kemudian dilanjutkan PAM pelaksanaan Kampanye.

Disisi lain, terjadi adanya amukan massa dan pendukung pasangan calon, sebagai bentuk pengamanan dan menjaga kondusifitas wilayah, Polres Banyuasin berupaya menahan amukan massa dan memberikan arahan kepada masa untuk tidak menimbulkan kericuhan. Selain itu, dalam pelaksanaan SISPAMKOTA juga melakukan pengamanan terhadap KPU Kabupaten Morowali terkait adanya aksi unjuk rasa akibat hasil perolehan suara Pilkada di tingkat TPS hingga pada Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara.