Peringati Hari Pramuka Ke-63, Wujudkan Generasi Muda yang Berjiwa Pancasila dan Disiplin

PANGKALAN BALAI — Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-63, Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Muhammad Farid selaku Ketua MABICAB menjadi pembina upacara. Upacara Hari Pramuka ke – 63 ini dilaksanakan di Lapangan Munai Serumpun Pangkalan Balai , Kamis (29/8/2024).

Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid mengatakan, hari ini Memperingati Hari Pramuka Ke-63 yang menunjukkan semangat pramuka kepada pelajar atau generasi muda dengan kecakapan dan keterampilan yang bermanfaat, baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia. Pramuka tidak hanya mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, tetapi untuk menghargai jasa-jasa pendiri pramuka serta memperat tali silaturahmi antar sesama,” tegasnya.

Pj Bupati yang dikenal selalu Menggaungkan Sholawat Busyro ini menambahkan, Pemkab Banyuasin akan terus mendukung Gerakan Pramuka dengan menjadikannya sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah. Hal ini sejalan dengan semangat Dasa Dharma Pramuka yakni terus berkarya, terus bekerja, terus berkreasi, untuk pembangunan di Kabupaten Banyuasin, serta ikut membantu pemerintahan dan juga masyarakat.

“Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi, turut andil dalam memberitakan kegiatan di media sosial yang baik, memberikan pelatihan kepemimpinan kepada generasi muda secara berkelanjutan, mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang. Sebagai Pramuka Indonesia, khususnya di Kabupaten Batang, kita harus selalu siap mengabdi dan saling membantu sesama,” tandasnya.