Ratu Dewa – Prima Salam Pasangan Terakhir Daftar ke KPU Palembang

PALEMBANG – Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ratu Dewa-Prima Salam (RDPS) menjadi pasangan terakhir yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.

Kedatangannya ke Kantor KPU Palembang pada Kamis, 29 Agustus 2024 siang diantar ribuan orang yang tergabung sebagai partai koalisi dan Gerakan Relawan Ratu Dewa (Garrda).

RDPS tampak mengendarai vespa dari depan Rumah Dinas Wali Kota di Kambang Iwak menuju Jalan Mayor Santoso, yang diikuti rombongan relawan serta komunitas motor.

Dengan iring-iringan marching band, RDPS berjalan kaki dari Jalan Mayor Santoso menuju Kantor KPU Palembang yang terletak di Kelurahan 20 Ilir D. III, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang.

Ia mengaku terharu atas support masyarakat Kota Palembang yang selama ini sangat antusias mendukung RDPS untuk maju di Pilkada Palembang 2024.

“Berkat doa dari warga Palembang, saat ini kami bisa mendaftar sesuai dengan tahapan Pilkada. Ini adalah sebuah koalisi besar bagi kami, ada 3 partai besar di parlemen ditambah 11 partai nonparlemen yang gabung bersama kami,” ungkap Ratu Dewa.

Sebagai orang yang pernah menduduki kursi Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang, Ratu Dewa mengaku telah memetakan sejumlah solusi untuk permasalahan yang terjadi di Kota Palembang, salah satunya adalah masalah air bersih yang dirasakan banyak warga.

Ratu Dewa menjanjikan akan menyelesaikan urusan distribusi air, sehingga masyarakat Kota Palembang bisa menikmati fasilitas air bersih.

Selain itu, sejumlah masalah lain seperti genangan air, sampah, dan kemacetan juga menjadi fokus perbaikan yang akan mereka benahi dalam waktu lima tahun ke depan.

“Pekerjaan rumah masih banyak di Kota Palembang ini, seperti genangan air, sampah, kemacetan, dan lingkungan kumuh. Kita dengan konsep pemberdayaan insyaallah akan berusaha menyelesaikan masalah-masalah tersebut,” kata dia.

Bersama Prima Salam, Dewa berharap bisa menyelesaikan seluruh tahap pendaftaran dengan lancar sampai hari pemilihan tiba.

“Semoga semua tahapan pendaftaran sampai hari pemilihan nanti bisa kami lalui dengan lancar tanpa hambatan,” harap Dewa.

Ketua KPU Palembang, Syawaluddin menjelaskan bahwa berkas yang dibawa oleh pasangan RDPS telah dinyatakan lengkap, baik yang diunggah di aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) maupun berkas cetak.

“Sudah lengkap. Nanti akan kami teliti dan verifikasi lebih lanjut terkait berkas-berkas Pak Dewa dan Bung Prima,” kata dia.

Setelah ini, paslon RDPS akan mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang sesuai jadwal yang mereka inginkan.

Diketahui, pasangan RDPS telah memperoleh dukungan sebanyak 21 kursi di DPRD Kota Palembang yang berasal dari Partai Golkar (8 kursi), Gerindra (8 kursi), dan PDIP (5 kursi).

Sedangkan, partai nonparlemen yang mendukung pasangan RDPS di antaranya adalah Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Garuda, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora Indonesia, Partai PRIMA, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).