Manfaatkan Kembali Gedung Kesenian, Festival Budaya Palembang 2024 Resmi Dibuka

Palembang – Pj Wali Kota A Damenta secara resmi membuka Festival Budaya Tahun 2024 bertempat di Gedung Kesenian Kota Palembang, Jalan Sekanak, Rabu (4/9/2024).

Festival Budaya Palembang tahun ini terdiri dari berbagai macam perlombaan yang berlangsung selama tiga hari 4 – 6 September 2024, diikuti oleh masing-masing perwakilan dari Kecamatan se Kota Palembang.

Pj Wali Kota A Damenta mengungkapkan apresiasinya kepada Dinas Kebudayaan yang bergerak cepat melaksanakan pegelaran festival budaya.

“Karena baru beberapa minggu lalu kita bicarakan dan sudah dilakukan festival kebudayaan, artinya kita tetap harus melestarian dan menjaga budaya melayu agar tetap terjaga kelestarianya dan juga potensi kearifan lokal,” ucapnya.

Dijelaskan A Damenta bahwa ada tiga segmen perlombaan yakni lomba rebana, menyanyi solo lagu palembang, dan lomba tari kreasi daerah.

“Yang paling kita apresiasi pemanfaatan kembali gedung ini,” ujar dia.

Kegiatan seni budaya kedepan bakal lebih sering digelar di Gedung Kesenian, A Damenta juga menegaskan bahwa gedung ini juga boleh digunakan oleh siapa saja namun yang berkaitan dengan kesenian dan budaya.

“Boleh digunakan namun tetap koordinasi dengan Dinas Kebudayaan,” ucapnya.

Selain itu, Pemkot Palembang bersama stakeholder terkait dalam waktu dekat ini akan mempercantik dan memperbaiki gedung kesenian ini.