Reaksi Roberto Mancini Setelah Diimbangi Timnas Indonesia

Jeddah – Roberto Mancini blak-blakan soal hasil imbang 1-1 yang didapat Arab Saudi usai ditahan Timnas Indonesia dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jumat (6/9) dini hari WIB.

Arab Saudi gagal memanfaatkan pertandingan kandang di Stadion King Abdullah Sports City lantaran hanya membawa pulang satu poin menghadapi tim paling lemah di Grup C, Indonesia.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, Roberto Mancini menyoroti faktor penyelesaian akhir yang jadi penyebab utama Arab Saudi gagal menang lawan Indonesia.

“Kami memiliki masalah dalam memanfaatkan peluang, yang jelas-jelas kami hadapi dalam beberapa pertandingan terakhir. Namun, kami tidak hanya menggunakan hasil sebagai tolok ukur performa kami,” ujar Mancini.

Statistik pertandingan menunjukkan, Th Green Falcons memiliki 18 kesempatan menembak, namun hanya 4 yang tepat sasaran, dan 1 yang jadi gol. Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor penalti juga gagal memanfaatkan peluang itu pada menit ke-79.

Selain penyelesaian akhir, Mancini juga menyoroti soal minimnya para pemain Arab Saudi dapat menit bermain di klub.

“Para pemain tim nasional Saudi harus berpartisipasi sebagai pemain inti bersama klub mereka. Saya memiliki 20 pemain yang duduk di bangku cadangan dalam pertandingan lokal, dan tidak ada solusi untuk dilema ini. Kami hanya perlu mengintensifkan kerja sama dengan mereka,” tutur Mancini.