Pj Bupati Ajak Para Paslon Untuk Saling Menghargai dan Menghormati

Pangkalan Balai – Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Muhammad Farid, S.STP M.Si bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuasin, menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Untuk Pemilihan Bupati dan Waki Bupati 2024, yang berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin Senin (23/9/2024).

Deklarasi damai yang dihadiri kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin dan seluruh Parpol Pengusung beserta Tim Pemenangan masing-masing Paslon dilangsungkan seusai pengambilan no urut kedua Paslon, yang telah ditetapkan KPU melalui rapat pleno terbuka.

Berdasarkan keputusan KPU dan undian no urut peserta Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin, No Urut 1 yakni H. Askolani SH MH, dan Netta Indian (Asta) dan No Urut 2 H. Slamet Somosentono SH, dan Alfi N Rustam (Selfi).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid, S.STP M.Si menjelaskan, Pilkada adalah momentum penting dalam kehidupan berdemokrasi kita. Ini adalah saat di mana suara masyarakat menentukan arah pembangunan daerah. Oleh karena itu, penting untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kedamaian, dan persatuan.

“Mari kita ciptakan suasana yang kondusif dengan menghormati pilihan masing-masing. Kampanye yang sehat dan saling menghargai adalah kunci untuk menciptakan Pilkada yang berintegritas. Hindari hoaks, provokasi, dan isu-isu yang dapat memecah belah persatuan kita,” katanya.

Dirinya percaya, dengan kesadaran semua golongan, Banyuasin akan menjadi contoh bagi daerah lain dalam melaksanakan Pilkada yang damai. Untuk itu, kata Farid, tunjukkan bahwa masyarakat Banyuasin mampu menyelenggarakan pemilihan dengan penuh kedamaian dan saling menghormati.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan berkualitas. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi semua pihak,” tambahnya.

Diketahui, Berdasarkan keputusan KPU dan undian no urut peserta Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin, No Urut 1 yakni H. Askolani SH MH, dan Netta Indian (Asta) dan No Urut 2 H. Slamet Somosentono SH, dan Alfi N Rustam (Selfi).

Kemudian, kedua paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin beserta Ketua Tim Pemenangan dari kedua Paslon membubuhkan Tanda Tangan sebagai simbol komitmen dalam pelaksanaan Pilkada yang damai, dengan bertuliskan naskah :

“Kami Calon bupati dan wakil bupati, Partai Politik pengusung beserta tim kampanye dan para pendukung berjanji.

Mewujudkan pemilihan yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil.

Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman , tertib dan damai, berintegritas tanpa hoax, tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang.

Melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.”