Jejak Karier Kapolda Sumsel Irjen Andi Rian R Djajadi

Palembang – Irjen Pol Andi Rian R Djajadi resmi menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) sejak 20 September 2024.

Ia baru menjalani penyerahan Pataka Atidhira Wira Bakti di Polda Sumsel, Senin (30/9/2024). Sebelumnya, Irjen Andi Rian R Djajadi menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan selama kurang lebih satu tahun.

Jejak karier Irjen Andi Rian R Djajadi di korp Bhayangkara tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 dan dikenal berpengalaman dalam bidang reserse, yang menjadi kekuatan utamanya selama berkarier.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Sumsel, Andi Rian pernah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (2023–2024) dan Kapolda Kalimantan Selatan (2022–2023).

Sebagai putra daerah Sulawesi Selatan yang berasal dari Wajo, Andi Rian telah menjalani berbagai penugasan di sejumlah wilayah di Indonesia, mulai dari Kalimantan, Sulawesi, hingga Sumatera.

Pengalaman tersebut menambah nilai bagi kepemimpinannya dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah-daerah yang pernah ia pimpin.

Perjalanan karier Rian diawali dari Pamapta Polres Kotabaru Polda Kalimantan Selatan pada 1992.

Ia juga sempat menjabat sebagai Kapolsek Batulicin Polres Kotabaru Polda Kalsel pada 1993, dan kemudian sebagai Kasubbag Bin Ops Bagres Narkoba Polda Kalimantan Tengah pada tahun 1995.

Rian juga pernah menjabat sebagai Kasubbag Bin Ops Ditsabhara Polda Timor Timur pada 1998, Kapuskodalops Polres Dilli pada tahun yang sama, dan Kapuskodalops Polres Metro Bekasi pada 2000.

Setelah itu, ia menjabat sebagai Kasat Resnarkoba Polrestabes Medan dan Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara.

Pada 2011, Rian dipercaya menjadi Kapolres Tebingtinggi, kemudian menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Sumut pada 2013.

Ia juga pernah menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Kalimantan Barat serta Analis Kebijakan Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri.

Pada 2017, Rian menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Sumut, kemudian sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri pada 2020, dan selanjutnya menjadi Karokorwas PPNS Bareskrim Polri serta Dirtipidum Bareskrim Polri pada tahun yang sama.

Rian kemudian menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan pada 2022, Kapolda Sulawesi Selatan pada 2023, dan kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan pada 2024.

Irjen Pol Andi Rian R Djajadi Kapolda Sumsel baru menjalani penyerahan Pataka Atidhira Wira Bakti di Polda Sumsel, Senin (30/9/2024).

Diketahui, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menggantikan Komjen Pol Albertus Rachmad Wibowo yang mendapat amanah sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kedatangan Irjen Pol Andi Rian disambut PJU Polda Sumsel jajaran, Kapolrestabes/Kapolres serta Komjen Pol A Rachmad Wibowo.

Dalam sambutannya, Jenderal bintang dua itu meminta kedatangannya bersama keluarga di tanah Sumsel dapat diterima oleh jajaran Polda serta masyarakat di Sumsel.

“Semoga kami dan keluarga dapat diterima baik dalam konteks tugas dalam melayani masyarakat dan pribadi makhluk sosial yang memerlukan kebersamaan dengan segenap keluarga Sumsel khususnya personel Polda Sumatera Selatan, ” ungkap Irjen Pol Andi Rian R Djajadi setelah pengaruh positif, sehingga akan dilanjutkan.

“Capaian prestasi di bawah kepemimpinan Komjen Pol Albertus Rachmad Wibowo telah memberikan kontribusi positif di berbagai aspek khususnya di Polda Sumsel. Bagi saya kewajiban untuk melanjutkan program yang telah direncanakan, ” katanya.

Komjen Pol Albertus Rachmad Wibowo mengucapkan rasa terimakasih kepada jajarannya yang sudah membantu menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Sumsel.

“Sudah hampir dua tahun banyak suka dan duka di Polda Sumsel beberapa saat lagi saya akan meninggalkan wilayah hukum Polda Sumsel. Saya memohon maaf bilamana dalam melaksanakan tugas ada hak yang mengecewakan,” katanya. (net)