SMAN 1 Sumsel Diganjar Anugerah Adiwiyata Nasional

Kepala Sekolah SMAN 1 Sumsel, Nasrul Bani ketika audensi dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru, Rabu (26/12/2018). (Foto: Kurniawan)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumsel menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK) Republik Indonesia.

“SMAN 1 saat ini telah menjadi sekolah rujukan nasional. Selain mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri 2018, tahun sebelumnya kita juga mendapatkan juara 1 lomba sekolah sehat tingkat nasional,” kata, Kepala Sekolah SMAN 1 Sumsel, Nasrul Bani ketika audensi dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru, Rabu (26/12/2018).

Nasrul Bani menambahkan, penghargaan Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai dari tingkat kota, provinsi hingga nasional. Sedangkan yang paling bergengsi adalah tingkat mandiri.

“Dari tahun 2015 kita mendapat adiwiyata nasional, baru tahun 2018 ini kita mendapat adiwiyata mandiri,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan selamat dan apresiasi atas prestasi yang telah ditorehkan SMA Negeri 1 Palembang.

“Pertahankan penghargaan ini, tentunya inilah kado manis atas pengabdian. Sehingga penghargaan tertinggi program adiwiyata mandiri ini bisa diraih,” katanya.

Untuk diketahui, Adiwiyata adalah tempat yang ideal bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial, khususnya di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Terdapat empat komponen dalam program Adiwiyata, yaitu kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum sekolah berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan.

Penulis: Kurniawan