Warga Diminta Jangan Parkir di Jembatan

0
Setelah dibuka Kamis (3/1) lalu, kini Jembatan Musi IV menjadi salah satu tempat selfie baru bagi warga Palembang. (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Setelah dibuka Kamis (3/1) lalu, kini Jembatan Musi IV menjadi salah satu tempat selfie baru bagi warga Palembang. Warga yang melintas, memilih untuk stop dan berselfie ria di jembatan yang dibangun sejak tahun 2017 lalu ini. Akibatnya, banyak kendaraan yang stop parkir di atas jembatan.

“Iya, foto-foto dulu, jembatannya bagus. Namanya jembatan baru, jadi selfie dulu,” kata Rian, warga Plaju.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV, Suwarno mengatakan, bahwa Jembatan Musi IV akan dibuka 24 jam. Lalu setelah dua hari akan dievaluasi.

Saat evaluasi Jembatan Musi IV akan tetap dibuka sembari menunggu hasil evaluasi. Jadi dibuka, diamati dan dipelajari,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, yang akan dievaluasi diantaranya dipantau jam-jam kemacetan dan dipantau titik-titik kemacetan dimana.

Hal itu yang akan jadi dasar untuk selanjutnya. “Misal kalau di Jalan Slamet Riyadi macet maka akan dianalisa dan solusinya. Kami mengimbau kepada masyarakat agar jangan parkir diatas jembatan,” ungkap Suwarno.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Palembang, Marta Edison mengatakan, saat ini pihaknya memantau terlebih dahulu ujicoba jembatan Musi IV selama dua hari ini.

Dishub Palembang beserta Satlantas Polresta Palembang pun menerjunkan personil yang berjaga di Tujuh titik dengan Satu titik dijaga oleh Enam personil. “Jadi ujicoba ini kita jaga tujuh titik dengan satu titiknya kita terjunkan enam personel, sehingga jumlahnya 42 personwl,” kata Marta.

Marta menjelaskan, pihaknya  juga akan mengatur jam operasional kendaraan yang melintas di jembatan Musi IV. Seperti dari Ulu ke Ilir mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB dan dari Ilir ke Ulu dari pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB.

“Kita atur waktu dulu ujicoba di jam sibuk kerja sehingga bisa mengurangi kemacetan,” jelasnya.

Penulis: Yanti