Sampah Plastik Bahaya bagi Tubuh Manusia

Ilustrasi (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, JAKARTA – Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI dr. Imran Agus Nurali mengatakan, plastik yang sulit terurai menimbulkan masalah di lingkungan. Di antaranya bakal ada penimbunan limbah, menyumbat saluran air, dan banjir yang mencemari lingkungan.

“Sampah plastik akan mempengaruhi kesehatan tubuh manusia kalau tertimbun di tanah atau air,” ujar Imran di gedung Kemenkes, seperti dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kamis (17/1/2019).

“Pecahan-pecahan limbah plastik itu berpotensi membahayakan kesehatan manusia jika air dikonsumsi,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, dampak berbahaya juga akan terjadi pada tanaman di darat dan biota air. Imran mengatakan, mikroplastik yang terkandung dalam air bisa masuk ke dalam organ tubuh ikan. Sehingga, hewan tersebut tidak akan bertahan hidup lama dan berbahaya jika dikonsumsi manusia.

“Kalau mikroplastik kena panas matahari atau terbakar itu pun berbahaya bagi pernapasan. Kalau sampah plastik dibakar bisa menghasilkan zat karbon monoksida yang bahaya untuk kesehatan,” ungkap Imran.

Walau belum ada penelitian tentang ambang batas kandungan mikroplastik yang berbahaya bagi makhluk hidup, masyarakat diimbau tetap mengurangi penggunaan plastik.

“Kalau bisa dibatasi, kita gunakan tas belanja sendiri supaya tidak menambah polusi,” ujarnya.