Pemkot Kembali Buka Seleksi CPNS

Gedung Pemerintah Kota Palembang (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Palembang yang belum lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun lalu. Pasalnya, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bakal membuka kembali seleksi CPNS.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kota  Palembang, Ratu Dewa, Senin (21/1). “Tahun ini ada 100 ribu CPNS yang dibuka untuk seluruh Indonesia. Insya Allah untuk CPNS awal Juni dibuka,” ujarnya.

Selain itu kata Ratu Dewa, Pemkot juga mengajukan kuota sebesar 4.901 untuk guru untuk diangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K 2019.

Sedangkan untuk jurusan lainnya seperti tenaga teknis lainnya diantaranya, komputer, arsiparis. “Yang paling banyak arsiparis, yakni sebanyak 25 ribu orang,” katanya.

Untuk P3K lanjutnya, kuota se-Indonesia sebanyak 75 ribu. Palembang sendiri P3K pihaknya memprioritaskan dari K2 yang jumlanya mencapai 400an orang. Menurutnya, kepastian jumlah kuota pengangkatan P3K akan dibahas pada Rabu (23/1) di Batam bersama walikota, sekda dan BKPSM se Indonesia.

“Untuk Palembang kepastiannya akhir Januari pasca rapat di Batam lusa,” katanya lagi.

Ratu Dewa mengatakan, pengangkatan P3K 2019 pihaknya tidak menerima administrasi umum. Untuk administrasi umum akan dicarikan solusinya oleh Menpan bersama DPR RI. “P3K pertama ini tidak menerima dari administrasi umum,” kata dia.

Perekrutan P3K ini tak ada batasan usia. Minimal dari usia 20 tahun hingga setahun sebelum masa pensiun. Adapun tahapan tesnya sama persis dengan tes saat penerimaan CPNS yang lalu.

“Prosesnya melalui CAT pertama hingga kedua. Perekrutan P3K ini lanjutnya, akan dibuka pada April 2019 dan dilanjutkan pembukaan CPNS pada Juni 2019. “Untuk April 2019 ada perekrutan kembali untuk P3K dengan kouta 75 ribu,” tukasnya.

Penulis: Yanti