Catat! Palembang Bangun Pasar Ikan Modern

Gedung Pemerintah Kota Palembang (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang akan membangun Pasar Ikan modern di Palembang. Pembangunan yang direncanakan tiga lantai ini memiliki konsep pasar ikan terbuka.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprizal Hasyim, mengatakan, lantai pertama khusus penjualan ikan basah dengan 165 los, kemudian lantai dua diperuntukkan food court dengan olahan berbahan ikan sekitar 100 los dan lantai tiga area parkir.

“Sekarang sedang dalam proses, karena proyek ini hibah dari pusat melalui Kementrian Perikanan,” jelasnya dibincangi via telepon.

Sebagai daerah dengan kawasan sungai serta makanan khas yang terbuat dari ikan, kata Aprizal, pembangunan pasar ikan modern bakal menjadi terobosan baru di kota Palembang.

“Pasar Ikan ini nantinya bukan hanya jadi tempat transaksi jual beli ikan. Tapi juga termasuk olahannya lengkap berupa food court di dalam gedung pasar modern yang akan di bangun setinggi tiga lantai,” jelasnya.

Proses pembangunan pasar ini pada tahun lalu tahap lelang, dan rencananya tahun ini sudah mulai dilakukan pembangunan. Dengan luas 1.200 meter persegi pasar ikan modern ini berada di Jalan MP Mangkunegara.

“Jika sesuai rencana, pasar ikan modern ini secara target diprediksi bakal sudah operasional pada 2020 mendatang. Tidak hanya menjadi penyedia tempat atau lahan untuk Pembangunan pasar ikan modern ini, tapi juga mengumpulkan seluruh pedagang yang akan mengisi supermarket ikan pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut,” beber dia.

Aprizal menambahkan, konsep Pasar Ikan Modern disiapkan Kementrian Perikanan, begitupun dengan anggarannya dari pusat atau kementrian terkait.

Sementara itu, sesuai dengan namanya pasar modern, maka pasar ini juga akan dilengkapi dengan teknologi pembayaran via debit maupun e-money.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani mengatakan, untuk saat ini pihaknya belum ikut secara langusng dalam pasar ikan modern. “Setelah nanti jadi dan ada pedagangnya baru peranan kami disana,” ujarnya.

Penulis: Yanti