OPD Wajib Membuat Rencana Kerja

0
Sekda Kota Palembang Harobin Mustafa (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG Untuk mewujudkan pembangunan merata, Forum Perangkat Daerah melalui Organisasi Perangkat Dinas (OPD) wajib membuat Rencana Kerja (Renja). Renja ini disusun untuk satu tahun per OPD untuk mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda), Harobin Mustofa disela membuka acara forum perangkat daerah Kota Palembang 2019, Senin (18/2/2019).

“Penyusunan Renja ini akan menjadi acuan untuk kerja selama setahun dalam rangka pembangunan merata dan terintegrasi. Karena itu, renja ini betul-betul disusun sesuai tupoksi,” jelasnya.

Harobin menambahkan, forum perangkat daerah ini sudah melalui Musyawaran Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan maupun kecamatan.

“Saya mengimbau kepada seluruh OPD agar segera mensinkronisasikan semua ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan pusat jangan sampai apa yang kita lakukan ini percuma,” tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda, Ir H Harrey Hadi MS mengatakan, forum perangkat daerah ini diharapkan dapat mengoptimalisasi kapasitas daerah untuk pemerataan pembangunan.

“Fokus pembangunan infrastruktur, pendidikan, akses layanan kesehatan, budaya integritas, bersih dan berwibawa. Selain itu ada investasi, ekonomi kerakyatan serta pariwisata dan budaya. Hasil dari renja perangkat daerah ini akan menjadi berita acara dan ditandatangani,” katanya.

Tahapan musrenbang kelurahan maupun kecamatan sudah rampung di tingkat bawah, besok pendalaman dengan provinsi untuk disinkronisasi.

Insya Allah Maret RPJMD akan digelar. Saya ucapkan terima kasih kepada camat dan lurah yang telah menampung aspirasi masyarakat sampai ditingkat bawah guna mewujudkan visi dan misi Palembang Emas Darussalam,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR), Akhmad Bastari membenarkan, jika hasil Musrenbang Kecamatan dan Kota sudah banyak yang masuk mengenai perbaikan jalan.

“Kita segera melakukan komunikasi dengan cepat mengenai percepatan pembangunan ini,” pungkasnya.

Penulis: Yanti