Bayar Pajak Lewat M-Agenpos

0
Ilustrasi (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Wajib Pajak (WP) saat ini bisa lebih mudah untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), melalui aplikasi M-Agenpos.

Ini mulai diterapkan setelah, Selasa (26/2) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama PT Pos Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, PT Pos Indonesia menawarkan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam membayar PBB.

“Melalui aplikasi ini tentunya WP lebih mudah melakukan pembayaran. Selain PBB, setoran parkir juga bisa dilakukan,” ujar Harno.

Hal ini, lanjut Harno, sejalan dengan optimalisasi peningkatan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp500 miliar. “Ini solusi pelayanan yang maksimal bagi WP untuk membayar pajak,” katanya.

Harno mengatakan, dua bulan ini capaian Rp 90 miliar. Nilai ini meningkat, jika dibandingkan dengan tiga tahun lalu diperiode yang sama sebesar Rp15 miliar.

“Tahun lalu Rp65 miliar. Sekarang juga sudah diterapkan pemasangan tapping box sebanyak 200 unit.  Sehingga dengan tapping box tidak hanya membayar langsung tetapi juga bisa mengintensifkan langkah penagihan piutang pajak lainnya,” bebernya.

Sementara Kepala Badan Pengolahan Pajak Daerah (BP2D) Kota Palembang, Shinta Rahardja mengungkapkan, kerjasama yang ditawarkan PT Pos Indonesia cabang Palembang sangat membantu.

“Nanti pasukan oranger, bisa pick up pengiriman gratis. Pasukan ini ada 10 tim oranger dan nanti ini akan disosialisasikan karena belum banyak yang tahu. Sekarang yang aktif baru ada dua pasukan oranger,” katanya.

Selain itu, sambungnya, WP juga bisa langsung menghubungi kantor pos Merdeka jika ada yang ingin dikirim dan PT Pos ini akan menjemput barang. “Kita harapkan target dari pasukan oranger bisa mencapai Rp3 miliar tahun ini,” katanya.

Sementara Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Palembang, Risdayati mengucapkan terimakasih atas kerja sama dengan Pemkot Palembang. Selain Palembang, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan Kabupaten OKI, Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

“Kita punya banyak outlet sehingga dapat menjangkau lebih cepat serta biaya transaksi murah,” pungkasnya.

Penulis: Yanti