Disnakertrans Ogan Ilir Ramai Dikunjungi Pencaker

Ilustrasi pencari kerja (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, OGAN ILIR – Akhir-akhir ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir ramai dikunjungi para pencari kerja (Pencaker) yang berasal dari beberapa kecamatan dan desa di Kabupaten Ogan Ilir.

Pencaker didominasi oleh anak muda yang rata – rata baru menamatkan SMA. Mereka berduyun – duyun mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (19/3/2019).

Kedatangan para pencari kerja tersebut ternyata guna untuk membuat kartu pencari kerja (AK1), dan juga mengetahui syarat – syarat untuk mencari kerja yang akan diadakan oleh Disnakertrans pada 26 Maret 2019 yang akan datang.

Salah satu  pemuda yang ingin membuat kartu pencari kerja, Asrowi, mengatakan dirinya datang untuk membuat kartu pencari kerja serta sekaligus menanyakan syarat – syarat untuk mencari kerja, karena tidak lama lagi kan ada bursa kerja.

“Saya mau membuat kartu pencari kerja, siapa tahu nanti bisa diterima kerja,” kata Asrowi, yang merupakan warga Jalan Kopral Juni Kelurahan Indralaya Raya ini.

Sementara Kepala Disnakertrans Ogan Ilir Ahmad Saili melalui Kabid Hubungan Industrial Novi S Suseno mengatakan, untuk tahapannya yakni untuk kolaborasi job fair, bermula dari bidang hubungan industial karena bidang kami lebih dekat dengan perusahaan.

“Kami mengundang perusahaan dalam wadah job fair. Untuk tahun ini kita tanpa anggaran dan Insya Allah tahun depan nanti akan ada anggaran dan job fair ini untuk lowongan khusus untuk putra dan putri ogan ilir,” katanya.

Dijelaskannya, pelamar wajib melampirkan kartu kuning atau kartu pencari kerja. Sementara untuk pengambilan formulir dimulai dari 13 hingga 26 Maret 2019.

“Untuk pelaksanaannya pada 28 Maret 2019, nantinya setiap perusahaan akan dibagi tiap – tiap plot, dan untuk seleksi diserahkan kepada perusahaan yang bersangkutan,” ujarnya.

Penulis: Endang Rajo Alam