Pentingnya Selalu Berpikir Positif Selama Puasa Ramadan

Ilustrasi (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Agar kuat dan tahan lapar serta haus saat puasa ramadan, seseorang tidak cukup sekadar mengonsumsi makanan seimbang saja. Pola pikir juga harus positif.

Kartini Rustandi, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan orang sering lemas saat puasa ramadan dikarenakan karena otak sudah memikirkan hal itu terlebih dulu.

“Begitu kita bilang ‘saya lemas’ sel-sel tubuh kita juga akan menuruti jadi lemas,” kata Kartini dilansir dari Liputan 6.

Dia mencontohkan, ketika seseorang sakit dan mengatakan pada dirinya lemas, pasti dia hanya tidur-tiduran saja. Berbeda jika pikirannya diubah agar tetap bisa bekerja.

“Artinya, mindset kita (mempengaruhi),” imbuh Kartini.

Dibandingkan di luar negeri, puasa di Indonesia tidak ada apa-apanya. Kartini mencontohkan dengan puasa Ramadan di Inggris yang berdurasi hingga sekitar 19 jam.

“Mereka antara buka puasa dan sahur waktunya singkat. Kenapa mereka bisa? Karena mindset,” katanya. Sehingga, tubuh sesungguhnya bisa diatur oleh pikiran.

Semangat semacam itulah yang harus dibangun pada dalam diri mereka yang berpuasa. Keinginan untuk tidak lemas saat menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain itu, masyarakat juga harus menyeimbangkan antara kegiatan, asupan gizi, istirahat, dan juga ibadah selama masa puasa.

“Terkadang memang susah, tetapi kalau diniatkan kan bisa. Ibadah juga bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan yang penuh. Istirahat di sela pekerjaan juga bisa. Coba tidur, diam selama dua menit, setelah itu akan merasa lebih enak,” Kartini menambahkan.

“Untuk kebugaran juga, setiap hari minimal beraktivitas 30 menit. Tetap aktivitas fisik, boleh. Bekerja, tetap. Yang penting bagaimana menyiasatinya dengan cerdas.”

Dia menambahkan, bekerja yang penting bukanlah dengan keras tetapi dengan cerdas. Terlebih lagi di bulan puasa, cara semacam ini bisa mengurangi kegiatan yang tidak diperlukan.