Biar Lebih Menarik, Harnojoyo Ingin Wisatawan Turut Ikut Mendayung di Lomba Bidar

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Walikota Palembang H Harnojoyo, Minggu (16/6/2019) sore, menyaksikan langsung lomba bidar prestasi,dari podium utama di halaman Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Lomba bidar yang digelar dalam rangka HUT Kota Palembang 1336, orang nomor satu di Kota Palembang ini,melihat event tahunan ini dapat dijadikan magnet tersendiri, untuk menarik minat wistawan.

Tinggal bagaimana cara dinas terkait untuk berinovasi, mengemas lomba tradisional di Sungai Musi itu menjadi hal yang menarik untuk daya tarik bagi wistawan untuk datang ke kota tertua di Indonesia ini.

“Harus dikemas semenarik mungkin, sehingga lomba bidar yang digelar dua kali dalam setahun pada saat hari jadi Palembang dan HUT RI ini, banyak diminati wisatawan,” katanya.

Tidak sendirian, menyasksikan lomba fisik mendayung bidar prestasi yang berukuran lebih kurang15 meter ini, keasyikan adu kecepatan bidar yang didayung 16 orang ini, Harnoyo langsung ditemani Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah, Dandim 0418 Letkol Inf Honi Havana, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Menurut, Harnojoyo, aka nada tantangan sendiri, jika wisatawan diajak langsung merasakan adrenalin mendayung bidar tersebut diatas gelombang di Sungai Musi.

“Bila perlu nanti misalnya wisatawan yang menonton lomba bidar dapat pula bersama-sama mencoba mendayung bidar. Teruslah berinovasi agar Bidar yang merupakan tradisi kita menjadi menarik,” ujarnya.

Untuk lebih manarik lagi, Harnojoyo mengusulkan peserta bidar yang sudah menjadi tradisi Kota Palembang ini, tidak hanya sebatas dari lingkungan Pemkot Palembang sendiri, melainkan juga harus melibatkan peserta dari luar Palembang.

“Minimal lomba bidar ini digelar tingkat Sumsel agar gaungnya lebih luas bagi pariwisata Kota Palembang. Kepala Dinas Pariwisata harus membuka diri untuk mengagendakan bidar hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Nah, untuk diketahui, Lomba Bidar Prestasi diikuti 12 tim yang merupakan perwakilan dari instansi pemerintahan dan partisipasi swasta.

Final diikuti tim dari Dinas Pendidikan,  Agung Raya,  Dishub Palembang B, Dispora B.

Juara I Bidar Prestasi diraih Agung Raya mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 12 juta dan trophy, Juara II Dishub Kota Palembang B mendapatkan Rp 10 juta dan trophy, Juara III Dispora Kota Palembang B mendapatkan Rp 8 juta dan trophy, serta Juara Harapan Dinas Pendidikan Kota Palembang mendapatkan Rp 6 juta dan trophy. (yan)