Pemkot Palembang Siap Perbaiki 228 Ruas Jalan Rusak

0
Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto: Yanti)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang berkomitmen memperbaiki 228 ruas jalan yang rusak dengan anggaran senilai total Rp400 miliar sepanjang tahun ini.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp200 miliar dari APBD 2019 untuk perbaikan jalan.

“Jika di total dengan anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus), ada Rp400 miliar untuk menyelesaikan perbaikan jalan di Palembang,” katanya, Senin (17/6/2019).

Harnojoyo mengatakan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, perbaikan jalan akan mulai dilakukan bulan Juli 2019.

Bahkan, Sabtu (16/6/19) kemarin, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Ahmad Bastari tersebut, melakukan perbaikan jalan berlobang di Jalan POM IX – Sumpah Pemuda.

“Kami ingin infrastruktur Palembang ke depan nyaman dilalui pengendara,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, dimana perbaikan jalan akan mulai dilakukan Juli 2019. Fitri berharap masyarakat dapat mendukung perbaikan jalan yang akan dilakukan Pemkot Palembang.

“Tidak hanya perbaikan jalan, kami juga akan melakukan perbaikan saluran drainase. Jadi ke depan jalan-jalan Palembang bisa lebih awet,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU-PR Ahmad Bastari menerangkan, tahun 2019 ini Pemkot Palembang telah menganggarkan dana dari APBD dan DAK sebesar Rp400 miliar untuk perbaikan jalan, termasuk jalan lingkungan dan lorong-lorong pemukiman.

“Saat ini sedang dalam proses tender dan beberapa titik sudah dilakukan pengerjaannya,” katanya.

Ke depan, perbaikan jalan akan dilakukan dengan mengutamakan kualitas, dimana ketebalan jalan sesuai dengan standar jalan nasional, yakni sekitar 15 sampai 28 cm.

“Sesuai perintah walikota dan wakil walikota, perbaikan kedepan akan lebih mengutamakan kualitas bukan kuantitas. Jadi ke depan jalan lebih awet,” jelasnya.

Saat ini kondisi jalan Palembang, saat ini jalanan dengan kondisi baik 49%, sedang 38% dan rusak 13%. Kondisi jalan rusak tersebar di hampir semua ruas jalan di 18 Kecamatan.

“Selain kami, ada Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Pera-KP) yang akan menangani jalan lingkungan, lorong dan jalan Setapak,” tuturnya.

Seperti yang disampaikan Wakil Walikota, dirinya berharap dukungan seluruh warga Kota Palembang, semoga jalan dan fasilitas umum lainnya di Kota Palembang ini akan lebih nyaman bagi masyarakat, sesuai harapan semua.

Adapun 228 ruas jalan yang akan diperbaiki, Jalan Lettu Karim Kadir Gandus, Jalan Syakyakirti Gandus, Jalan Sidoingkenayan Gandus, Jalan Seniman Amri Yahya Jakabaring, Jalan Brigjen Hasan Kasim/Celentang, Jalan Musi Raya Sako dan Jalan Inspektur Marzuki

Kemudian ada Jalan Mataram Kertapati, Jalan Kemas Rindho Kertapati, Jalan Puncak Sekuning. Ada juga peningkatan konstruksi (Cor Beton-Aspal), Pemeliharaan Konstruksi (Pengaspalan) Drainase jalan dan Jembatan.

“Total ada 228 ruas, yang tersebar di 18 Kecamatan di Palembang. Targetnya Desember 2019 semua jalan Palembang selesai diperbaiki,” katanya. (yan)