Komplotan Copet di Mal, Sehari 5 Kali Beraksi

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Aksi para komplotan copet di kawasan mal di Palembang, Sumatera Selatan ditangkap. Dalam sehari, pelaku beraksi tiga hingga lima kali.

“Sehari 5 kali, kadang dapat dua sampai empat handphone. Ada teman yang ikut bantu (saat beraksi),” terang pelaku, Evi Aryani ketika diamankan di pos security Palembang Square Mal (PS Mal), Senin (24/6/2019).

Dikatakan Aryani, dia beraksi bersama seorang temannya yang berhasil kabur. Bahkan warga Jalan Terusan, 5 Ulu ini mengaku sudah beraksi sejak 6 bulan terakhir.

“Sudah lama, sering beraksi di sini (PS Mal). Aku diajak sama teman, laki-laki,” imbuh Aryani yang terus menundukkan kepala saat diamankan.

Wanita berusia 38 tahun itu diketahui diamankan di kawasan PSX Mal usai berraksi. Bahkan dua unit handphone diamankan dari tangan Aryani.

Modus saat beraksi, pelaku pura-pura berbelanja layaknya pasangan suami istri. Ketika korban lengah, pelaku pun mengambil barang dari dalam tas dan langsung kabur.

Tidak hanya saja handphone, Aryani pun mengaku mengincar pelaku secara acak. Handphone, uang dan perhiasan menjadi sasaran saat beraksi.

“Tadi ada konsumen belanja pakaian, korban bilang Hp hilang di dalam tas. Setelah kami cek ada orang dicurigai sudah lama dan ternyata benar kalau pelakunya dia (Aryani),” kata petugas keamanan PS Mal, Yulianti.

Untuk di kawasan PS sendiri, tercatat sudah sering ada konsumen melapor kehiangan barang. Bahkan Aryani pun sudah pernah diamankan, namun tak ada barang bukti saat itu.

“Dia ini sudah lama kita curigai, tetapi saat itu nggak ada barang buktinya di pelaku. Tadi waktu diperiksa ternyata dapat Hp 2, untuk pelaku laki-laki tadi berhasil kabur karena dia bawa pisau,” kata Yuli.

Saat ini pelaku masih diperiksa di posko keamanan PS Mal. Pelaku rencananya akan langsung diserahkan ke Polsek Ilir Barat I, Palembang berikut barang bukti handphone hasil mencopet. (ran)