Pemasangan Instalasi Jargas Gratis

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Usaha Milik Daerah Palembang melakukan serah terima Jaringan Gas Rumah Tangga ke Pemerintah Kota Palembang di tahun 2019, sebanyak 6.034 Sambungan Rumah (SR). Jargas ini akan dipasang di lima kecamatan. Yakni, Kecamatan Seberang Ulu 1 dan Seberang Ulu 2, Sako, Sematang Borang dan Jakabaring.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, untuk pemasangan jaringan gas ini diberikan secara gratis kepada masyarakat dan tidak dipungut biaya. Selain itu juga masyarakat tidak perlu khawatir atas pemasangan Jargas karena biayanya pemakaiannya tidak mahal.

“Berdasarkan informasi dilapangan masyarakat masih takut untuk melakukan pemasangan gas karena takut terjadi kebocoran dan tagihannya besar. Maka dari itu kepada pihak terkait untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mengikuti program bantuan dari pemerintah,karena ini benar-benar gratis untuk pemasanganya,” jelasnya usai melakukan serah terima jaringan gas antara Kementrian ESDM ke Pemkot Palembang.

Ditempat yang sama, Mariani, Dirjen Infrastruktur Minyak dan Bumi Kementerian ESDM RI menambahkan, akan secepatnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak mengkhawatirkan keamanannya.

“Kami dapat informasi di lapangan masyarakat masih takut untuk memasangnya. Untuk pemasangannya sendiri akan diberikan secara gratis juga kompor karena ini seperangkat dengan pemasangannya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pembangunan Kota Palembang Zuryati menguraikan, lima kecamatan yang menerima jargas ini, dibagi per wilayah. Yaitu, Seberang sebanyak 4 ribu dan Ulu sekitar 3 ribu. Jadi totalnya sebesar 6.034 Sambungan Rumah (SR).

“Ya hari ini (kemarin, red) kita baru memperkenalkan memperkenalkan kontraktornya kemudian kita memperkenalkan kepada pihak-pihak yang akan memberikan izin, kan kita memakai jalan nasional kemudian ada jalan provinsi ada prosing sungai, ” katanya, Kamis (4/7).

Ia juga menambahkan berdasarkan hasil survey ada 6.034 calon pelanggan Prioritas di 2019 ini. Kecamatan Semarang Borang Kelurahan Sri Mulya 974 SR, Lebong gajah 1.024 SR. Kecamatan Sako Kelurahan Sako 1.371 SR Kecamatan Seberang Ulu 1 Kelurahan 7 Ulu 374 SR kecamatan Seberang Ulu II Kelurahan Tangga Takat 637 SR Kecamatan Jakabaring Kelurahan 8 Ulu 856 SR Kelurahan 15 Ulu 797 SR.

“Tentunya kita harus memperhatikan kembali usai penggalian jalan tersebut mulai dari izin nya dan bagian jalan tersebut, masalah perbaikan jalan sangat utama karena setelah dilakukan penggalian akan kita lakukan evaluasi lagi guna penyempurnaan pekerjaanya, ” pungkasnya. (yan)