Cara Unik Wali Kota Palembang Meriahkan HUT ke-74 RI

0
Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Sekda Ratu Dewa, dan Istri Wali Kota, Selviana saat mengikuti lomba makan kerupuk (Foto: Humas Pemkot Palembang)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Palembang menggelar berbagai perlombaan tradisional yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palembang. Kegiatan tersebut dipusatkan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Pada kegiatan tersebut, Wali Kota Palembang, H Harnojoyo turut serta menyemarakkan kegiatan tersebut dengan mengikuti langsung beberapa perlombaan.

Seperti lomba makan kerupuk, egrang, bakiak, hingga tarik tambang. Bahkan, beberapa perlombaan itu mampu dimenangi oleh mantan ketua DPRD Palembang tersebut.

Seperti pada pertandingan tarik tambang, Harnojoyo bergabung dalam tim Sekretariat Daerah, bersama Sekda Kota Palembang, Asisten I, Asisten II, dan Kabag Protokol berhasil mengalahkan tim dari Dinas Sosial dengan dua set langsung.

Kemudian, pada lomba egrang, Harnojoyo juga berhasil menang dari lawan-lawanya, dengan cepat dan tanpa kendala berhasil mencapai garis finish.

Selain itu, Harnojoyo juga mengikuti lomba makan kerupuk serta bakiak dan hulahup yang berpasangan dengan sang istri Selviana Harnojoyo.

Kehadiran Wali Kota Palembang, Harnojoyo untuk ikut serta dalam perlombaan menambah semarak perlombaan tersebut.

Menurutnya, pemilihan jenis perlombaan tersebut dipilih sebagai upaya Pemerintah Kota Palembang untuk terus melestarikan permainan tradisional.

“Permainan tradisional ini sekarang sudah banyak dilupakan masyarakat, kita ingin terus melestarikannya sebagai warisan budaya nenek moyang kita,” kata Harnojoyo.

Tak hanya itu, Harnojoyo juga mengajak seluruh peserta lomba untuk memaknai setiap perlombaan sebagai semangat perjuangan dari para pahlawan.

“Dulu pahlawan kita berjuang untuk merebutkan kemerdekaan, sekarang kita coba ikut merasakan perjuangan mereka, kita berlomba merebut juara selayaknya dulu pahlawan kita berlomba merebut kemerdekaan,” katanya. (yan)