Cegah Banjir, Saluran Air Dinormalisasi

0

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Untuk menanggulangi banjir di Kota Palembang, Pemerintah Kota Palembang saat ini mulai melakukan normalisasi sejumlah saluran air. Ini dilakukan, sebelum musim hujan tiba, yang diperkirakan bulan Oktober nanti.

“Sekarang masih musim kemarau, jadi semua saluran air harus dinormalisasi. Jadi, saat masuk musim hujan sudah tidak banjir lagi,” kata Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda saat meninjau saluran air di Jl. Sapta Marga, Kompleks Citra Damai 1 Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni.

Bukan itu saja, Fitri juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan. “Oleh karena itu, kita perbanyak turun ke lapangan untuk mendengarkan keluhan dan saya menginstruksikan kepada pejabat terkait untuk mencarikan solusi. Kalau memang siring (saluran air) sedimentasinya sudah tinggi dinormalisasikan. Jika belum ada siringnya maka kita akan buatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Syarifudin (59), Ketua RW Jalan Citra Damai mengatakan, sudah menjadi tradisi di kawasan tersebut, banjir saat musim hujan.

“Banjir setinggi lutut orang dewasa. Karena disini titik kumpul air yang berasal dari arah perumahan Kumbang dan Kenten sampai Celentang. Belum lagi kondisi saluran air yang tidak bisa menampung dengan banyak sehingga memungkinkan air secara cepat menggenangi jalan. Akibatnya banjir dan ruas jalan menjadi rusak,” katanya.

Dengan kedatangan Wawako ini, lanjutnya, bisa membantu warga agar kawasan tersebut tidak banjir lagi. “Sudah banyak rumah yang ditinggikan karena pemukiman ini mudah sekali terkena banjir,” tutupnya. (yan)