Pemkot Palembang Bakal Sulap Kawasan Sungai Musi II Jadi Pasar Terapung, Ini Konsepnya

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang bakal membangun pasar terapung di kawasan Musi II Palembang, Senin (2/9/2019).

Saat ini pihaknya masih mematangkan konsep apakah menggunakan perahu atau rakit.

Kepala Bapedda Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi, mengatakan, pihaknya telah menentukan tempat untuk dijadikan pasar terapung.

Menurut dia, lokasi yang cocok dijadikan pasar terapung di kawasan Musi II Palembang. Sebab di lokasi ini ada kalangan sehingga ramai dikunjungi warga.

Selain itu, kondisi kalangan bisa ditata lebih rapi lagi. Dan bisa lebih menarik karena transaksi jual beli dilakukan di sungai.

“Sepanjang Sungai di Musi II kita sulap jadi pasar terapung. Kita lagi cari konsep apakah nanti gunakan perahu atau rakit,” kata dia.

Kalau pasar terapung sudah jadi, kalangan yang ada persis di bawah jembatan Musi II kemungkinan besar akan dipindahkan di sungai.

Belum lagi di lokasi sudah ada dermaga sehingga memudahkan untuk menurunkan dan menaikkan barang.

“Palembang dulu pernah populer dengan pasar terapung. Kita mau hidupkan lagi suasana itu,” kata dia.

Pihaknya terus mempelajari manajemen pasar terapung tersebut, sehingga setelah dibikin aktivitas pasar hidup dan minati oleh masyarakatnya.

“Kita sudah lihat pasar terapung di Banjarmasin, aktivitasnya hidup dan menghidupkan ekonomi masyarakat,” kata dia. (yan)