Selisih Harga Mobil di Palembang dan Jakarta Capai Belasan Juta

Mobil - mobil seken yang dijual (Foto: Ist)

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Harga mobil di setiap daerah di Tanah Air berbeda-beda. Besaran pajak daerah dan ongkos distribusi jadi faktor yang membuat harga mobil antara daerah satu dan lainnya berbeda. Ada yang lebih murah ada yang justru lebih mahal.

Contohnya seperti harga Toyota Avanza Veloz di Palembang dan Jakarta, memiliki selisih harga hingga belasan juta rupiah.

Jika Avanza-Veloz 1.3 M/T di Jakarta punya banderol Rp 215.650.000, model serupa di Palembang harganya mencapai Rp 226.500.000. Artinya ada selisih harga sekitar Rp 10.850.000.

Sementara untuk Avanza-Veloz varian tertinggi, 1.5 A/T, selisihnya bisa lebih besar lagi. Jika di Jakarta mobil tersebut dibanderol Rp 239.450.000, di Palembang Avanza-Veloz 1.5 A/T Rp 250.600.000, atau ada selisih angka Rp 11.150.000.

Menurut Branch Manager Auto 2000 Tanjung Api-api Herry Deswanto, selisih harga tersebut disebabkan karena ada perbedaan pajak dan ongkos logistik.

“Selisihnya dari dulu memang segitu, di Palembang itu BBN 12,5 persen, Jakarta kan 10 persen. Terus akan tambah biaya ekspedisi, ada biaya admin juga. Kalau secara harga pokoknya, sebenarnya sama,” kata Herry kepada detikcom di Palembang baru-baru ini.

Sebelumnya, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy juga mengatakan hal yang sama, bahwa harga mobil antar daerah di Indonesia sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.

“Tergantung ya karena kan bagaimanapun ada macam-macam apa ada beda pajak, beda transportasi juga, penyesuaian itu pasti ada karena nyeberang laut dan lain-lain,” kata Anton. (detikcom)