Pempek Antar Palembang Jadi Kota Kreatif Terbaik

Pelitasumatera.com, PALEMBANG – Palembang terpilih masuk dalam empat besar kota ekonomi kreatif terbaik di Indonesia lantaran fokus terhadap industri kuliner pempek.

Diketahui, predikat kota terbaik itu diraih bersama Kota Malang, Kabupaten Kutai Kartanegara serta Kabupaten Majalengka.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Harrey Hadi, mengatakan bahwa keberhasilan Palembang menjadi kota ekonomi kreatif terbaik tidak lepas dari peran serta pelaku UMKM, khususnya para industri pempek.

“Kita menjadi satu satunya kota kreatif yang fokus dengan ekonomi kuliner yakni pempek, ini sesuai target kita sebelumnya yakni akan masuk empat besar,” katanya, Rabu (9/10/2019).

Harrey cukup gembira dengan prestasi yang diraih ini. Karena, apa yang dicapai ini merupakan keberhasilan bagi masyarakat  kota Palembang.

“Dengan keberhasilan ini kami berharap kuliner pempek dapat lebih dikenal dan menjadi penguatan ekonomi di kota Palembang sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan keberhasilan Palembang ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan laporan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terkait kontribusi terbesar ke Produk Domestik Bruto (PDB) adalah kuliner dengan besaran 41,4% atau lebih dari Rp1.000 triliun.

“Kita bersyukur Palembang masuk sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia. Artinya, perlu ada sistem berkelanjutan agar pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Palembang dapat terus berjalan,” katanya. (hmy)