Pasangan Suami Istri Asal Rusia Terpaksa Ngamen di Pasar Tradisional

Dengan menggunakan accordion pasangan suami istri asal Rusia ini terpaksa ngamen di pasar tradisional Mataram,NTB, Sabtu(2/5/2020).

MATARAM—Viral video pasangan suami istri asal rusia yang mengamen di pasar tradisional Kebon Roek, Mataram, Nusa Tenggara Barat sambil membawa bayi mungilnya.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (2/5/2020) diketahui identitas warga Negara Rusia tersebut bernama Mikhail(29) dan EkaTerina(28), sedangkan bayinya bernama Sarafima(2). Keduanya mengaku harus terpaksa mengamen karena tidak memiliki uang lagi untuk bertahan hidup.

“Sebelumnya kami berada di Malaysia, kemudian kami terbang ke Indonesia. Rencananya, kami hanya dua hari berada di Indonesia dan akan kembali ke Malaysia. Tetapi, karena Malaysia lockdown, kami memutuskan ke Bali (lewat NTB),” ujar Mikhail dalam bahasa Inggris yang tidak begitu lancar.

 

Mikhail menjelaskan, dalam situasi tak menentu, sulit untuk pulang ke negaranya, sedangkan biaya hidup semakin menipis. Akhirnya, Mikhail dan istri memutuskan untuk mengamen, menerima pemberian orang yang menikmati musiknya untuk membeli makan.

 

Ia juga khawatir jika harus berpindah-pindah karena situasi yng tidak aman bagi kesehatan dia, istri, dan anaknya. Kata Mikhail, meski dilarang pemerintah mengamen dan mendapatkan uang untuk menyambung hidup, tetapi warga di Indonesia membuatnya nyaman.

 

“Muslim di Lombok dan di Asia sangat baik dan respek dengan kami, sangat bersahabat, mereka Muslim yang hebat,” katanya sambil tersenyum lebar.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPA Mataram Syahrifullah mengatakan, satu keluarga asal Rusia ini telah diamankan di kantor Imigrasi, setelah video mereka viral. Dari hasil pemeriksaan, pasangan suami istri ini mengamen untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19.

 

“Mereka mengemis, ngamen, dan dapat uang dari warga yang kasihan. Uangnya mereka pakai membeli kebutuhan makan. Kami dapat laporan dan langsung melacak keberadaan mereka,” ujar Syahrifullah.