Deteksi Panas Tubuh, Polisi Riau Pakai Helm Robocop Buatan Cina

Personel Kepolisian Daerah Riau menggunakan Helm Robocop N901 yang diklaim bisa mendeteksi orang terinfeksi Covid-19. (Foto: Ist)

RIAU – Anggota Kepolisian Daerah Riau menggunakan helm Robocop N901, buatan sebuah perusahaan di Shenzen, China.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau Komisaris Besar Sunarto menuturkan, helm N901 bisa mendeteksi secara dini individu yang terinfeksi Covid-19.

“Smart Helmet ini lebih spesifik mengidentifikasi suhu panas dari orang secara lebih detail. Selain itu lebih efektif bila dibandingkan dengan pengukuran melalui alat thermoscan maupun thermogun,” ujar Sunarto.

Bahkan, kata Sunarto, helm Robocop N901 dilengkapi pemindai kode QR dan fitur pengenalan wajah, serta dilengkapi dengan kacamata yang terpasang menggunakan teknologi augmented reality (AR) dengan berbagai pilihan konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, dan jaringan 5G.

Setiap subyek yang mengalami demam atau suhu panas dapat discreening sejauh lima meter dan dapat memindai semua individu di dalam kerumunan dan 100 persen akurat,” kata dia.

Sunarto menyebut helm ini sudah digunakan personel Polda Riau di lapangan, terutama yang berjaga pintu masuk Pekanbaru.

Personel langsung bisa mengecek suhu warga tanpa bersentuhan. “Ada juga alat perekam secara live, penggunaannya sangat mendukung penerapan PSBB Pekanbaru,” kata dia.

Selain itu, rekaman aktivitas warga yang melanggar PSBB bisa dijadikan bukti jika penyidik mengajukan ke pengadilan.

“Upaya pemanfaatan teknologi tersebut adalah komitmen Polda Riau untuk mendukung pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau,” ucap Sunarto. (tempo)