Menteri Basuki Blak-Blakan Tol Lampung-Palembang Tak Nyaman

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan belum sepenuhnya jalan tol Trans Sumatera nyaman untuk dilalui pemudik tahun ini. Karena masih ada proses perbaikan yang dilakukan khususnya wilayah menuju Palembang dari Lampung.

Namun dia memastikan untuk perjalanan tol dari Tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar itu sudah 100% nyaman dan aman bagi pemudik.

“Untuk wilayah Terbanggi Besar menuju Kayu Agung dan Palembang ini agak gak nyaman, tapi Insya Allah sudah aman,” kata Basuki dalam Focus Infra CNBC Indonesia, Selasa (26/4/2022).

Sehingga masyarakat diimbau untuk tidak melaju hingga kecepatan lebih dari 80 kilometer per jam ada ruas itu, karena kondisi yang kurang nyaman.

Basuki mengatakan saat ini pihaknya fokus untuk melakukan ‘sapu lubang’ di jalan tol termasuk tol Terbanggu Besar menuju Kayu Agung dan Palembang ini. Nanti setelah lebaran akan dilakukan rekonstruksi atau pengerjaan ulang.

Pada awal tahun lalu, Basuki memang tengah menyoroti kualitas standar pemenuhan minimal (SPM) tol menuju arah Palembang. Sehingga meminta Hutama Karya dan PT Waskita Toll Road untuk memperbaiki atau menutup lubang hingga retakan yang ada di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan Ruas Kayu Agung – Palembang Betung.

Bahkan beberapa segmen memang harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada pada tanah lunak atau rawa.

Namun kini Basuki memastikan tol dari Lampung menuju Palembang sepanjang 376 kilometer itu layak dan aman dilalui, meski ada beberapa ruas yang kondisinya masih kurang nyaman. (net)