Sumsel Targetkan Masuk 5 Besar di FORNAS VI 2022

Palembang – Provinsi Sumsel mematok target minimal masuk lima besar pada perhelatan akbar Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI yang akan digelar bulan Juli 2022 mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan untuk mensukseskan FORNAS VI KORMI tersebut.

“Untuk opening acara itu rencananya akan diadakan di Venue Sport Dayung dan Alhamdulilah nanti dibantu sponsor oleh PTBA,” ujar Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6/2022).

Hingga memasuki H-21 ini persiapan sudah mencapai 90%. Mawardi mengajak semua elemen masyarakat ikut berpartisipasi menjadi tuan rumah yang baik dan bersama-sama mensukseskan amanah nasional yang telah dipercayakan pemerintah pusat tersebut, sehingga dapat memberikan kenangan dan kesan positif bagi para peserta dan official yang hadir. Adapun peserta dan tamu yang akan hadir dalam kegiatan tersebut mencapai 10.000.

Mawardi menjelaskan saat ini dampak akan diselenggarakannya acara tersebut sudah mulai dirasakan. Seperti tingkat hunian yang mulai banyak dipesan juga restoran yang mulai ramai. Dengan demikian nantinya diharapkan event FORNAS VI KORMI yang digelar 1-7 Juli 2022 itu dapat membantu pemulihan ekonomi setelah Pandemi COVID-19.

“Manfaatnya jelas, tingkat hunian hotel meningkat setelah tertekan karena Covid,” jelas Mawardi.

Dalam kesempatan itu, Mawardi juga mengatakan bahwa panitia telah mengirimkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo dan berharap orang nomor satu di Indonesia itu mau hadir membuka acara tersebut sehingga menjadi sejarah bagi Sumsel.

Selain itu, Ketua Pelaksana event FORNAS VI 2022 yang juga Direktur BSB Achmad Syamsuddin menjelaskan bahwa FORNAS VI ini diikuti oleh sebanyak 34 kontingen dari seluruh Indonesia. Menurutnya, Sumsel patut bangga karena telah dipercaya menjadi tuan rumah dan ia juga optimis event ini dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Achmad menjelaskan berdasarkan data, dalam event tersebut akan dipertandingkan 55 induk olahraga (inorga) dan 10 eksibisi. Selain perlombaan acara tersebut juga akan diisi dengan pameran, Sriwijaya Expo dan Festival Sriwijaya.

“50 persen perlombaan akan digelar di Jakabaring, dan seperti layang-layang, serta memanah dan berkuda di Kabupaten Ogan Ilir,” jelasnya.

Diketahui, hadir dalam jumpa pers tersebut antara lain Sekretaris KORMI Sumsel Eko Agus Sugianto, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal.