Pemprov Sumsel Terus Cari Solusi Atasi Blank Spot dan Satu Data di Sumsel

Palembang – Penanganan Infrastruktur Sinyal merupakan kebutuhan mendasar yang harus tersedia. Khusus di Sumatera Selatan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru selalu peduli dan berpikir bagaimana serta apa solusi agar kebutuhan sinyal utamanya di pedesaan tidak ada lagi blank spot.

Untuk itu butuh kejelasan wewenang antara pusat dan daerah agar tidak tumpang tindih serta masyarakat mengetahui dengan jelas peran dalam pelayanan terkait sinyal.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel melaksanakan Bimbingan Teknis tentang Satu Data Indonesia (SDI) dan Internet Desa bekerjasama dengan PT Telkom.

Bekerjasama dengan Dinas Kominfo Sumatera Selatan Bimtek dibuka Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Kepala Dinas Kominfo Prov Sumsel H Achmad Rizwan SSTP, MM., di The Zuri Hotel Palembang, Jum’at (24/6/2022).

Dikatakan HD melalui Rizwan Pemprov Sumsel dan Kabupaten/Kota butuh asupan dan berbagi pengalaman serta butuh platform apa yang dijalankan. Jangan sampai seperti peternakan yang hanya menghasilkan banyak aplikasi tapi tidak bermanfaat.

Seperti kita ketahui bahwa kita selama ini memiliki permasalahan tentang pengelolaan data pemerintah yang tersebar dimana-mana dengan format data yang berbeda-beda.

“Data saling tumpang tindih antar instansi dan masih banyak dikelola secara manual, namun faktor keamanan, privasi dan regulasi pemerintah tentang tata kelola, belum memiliki petunjuk teknis yang jelas,” ujar Rizwan.

Rizwan berharap melalui bimtek ini, menghasilkan tenaga ahli dalam permasalahan satu data khusus statistik dan internet.

Nantinya adab kesimpulan yangv tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Rizwan juga membahas kejelasan kewenangan Tower, apakah sewa dan lain sebagainya.