Angka Kemiskinan di Palembang Capai 11,34 Persen

Salah satu kawasan kumuh di Kota Palembang (Foto: Ist)

Palembang – Pemerintah Kota Palembang terus berupaya mengatasi kemiskinan di kota ini. Wali kota Palembang Harnojoyo mengatakan, persentase warga miskin di Palembang masih cukup tinggi.

“Persentase warga miskin dari total penduduk di Palembang tahun 2021 sebesar 11,34 persen,” ujar Harnojoyo, Minggu (24/7/2022).

Ia menyampaikan, kondisi COVID-19 yang melanda Indonesia, termasuk Kota Palembang turut berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ia menekankan Pemkot Palembang juga akan menilai langsung kinerja semua organisasi perangkat daerah terkait upaya penurunan angka kemiskinan ini.

“Siap-siap saja setiap organisasi perangkat daerah (OPD) setiap bulan akan ada penilaian langsung. Kita lakukan untuk menekan persoalan daerah yang belum teratasi,”imbiuhnya.

Meski angka kemiskinan di Palembang mencapai 11,34 persen dari keseluruhan jumlah penduduk, Pemkot Palembang mengklaim sudah mampu memperbaiki pertumbuhan ekonomi pada 2021.

“Pertumbuhan ekonomi Palembang pada 2021 sebesar 3,17 persen, dan pertumbuhan ekonomi ini naik signifikan setelah mengalami kontraksi pada tahun lalu sebesar 0,25 persen,” ujar Harnojoyo.