Napoli Terlalu Superior untuk Rangers

Glasgow – Napoli sempat dua kali gagal mengeksekusi penalti menghadapi Rangers. Tapi, itu tak menghalangi Il Partenopei untuk menang 3-0.

Pada pertandingan kedua Grup A Liga Champions yang dihelat di Ibrox Stadium, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB, Napoli langsung mengancam di menit ketiga lewat sepakan keras Piotr Zielinski tapi bola menghantam tiang kiri gawang Rangers.

Rangers selalu dalam tekanan Napoli dan kesulitan membuat peluang bersih. Mereka bahkan harus berjibaku mengadang serangan demi serangan Napoli yang begitu gencar.

Di menit ke-17, Giovani Simeone menerima umpan terobosan Zielinski tapi bola tembakannya bisa ditepis Allan McGregor. McGregor jadi tembok tebal yang mengadang peluang-peluang tim tamu.

Napoli mengandalkan kecepatan dan keliincahan duet Simeone dan Kvarat Kvaratskhelia di lini serang. Tapi hingga pertandingan babak pertama selesai, skor 0-0 bertahan.

Masuk di babak kedua, Napoli masih menguasai laga dan menekan habis Rangers. Mateo Politano beberapa kali punya kans untuk bikin gol, tapi selalu gagal.

Tim tamu mendapat penalti di menit ke-55 setelah akselerasi Simeone dihentikan James Sands dan membuat bek Rangers itu mendapat kartu kuning kedua.

Penalti Zielinski pertama berhasil ditepis McGregor dan bola rebound disambar Politano jadi gol. Tapi wasit menganulirnya lewat VAR dan meminta penalti diulang.

Zielinski jadi eksekutor lagi, tapi kembali penaltinya gagal karena McGregor terbang untuk mengadangnya. Keberuntungan untuk Napoli datang lagi di menit ke-66.

Untuk ketiga kalinya, Napoli mendapat penalti, kali ini karena handball Borna Barisic. Politano yang maju jadi penendang sukses mengecoh McGregor dan membuat Napoli memimpin 1-0.

Gol tersebut membuat Napoli kian bernafsu mencari gol tambahan, tapi tak satupun peluang dikonversi jadi gol. Pemain pengganti Giacomo Raspadori menambah keunggulan Napoli jadi pada menit ke-86.

Tanguy Ndombele memberikan umpan pendek kepada Raspadori di depan kotak penalti. Dia melakukan umpan 1-2 dengan Mathias Oliveira, sebelum menembak ke tiang dekat gawang McGregor.

Ndombele memastikan kemenangan 3-0 di masa injury time setelah menyelesaikan umpan tarik Andre-Frank Zambo Anguissa dengan sontekan di depan gawang, dari sebuah serangan balik. Rangers sempat meminta penalti di pengujung laga karena bola crossing mengenai tangan pemain Napoli, tapi dianulir VAR.

Tambahan tiga poin membuat Napoli kukuh di puncak klasemen Grup A dengan enam poin, sementara Rangers tanpa poin di dasar. (net)

Susunan pemain

Rangers FC: Allan McGregor; James Tavernier, Connor Goldson, James Sands, Borna Barisic; Ryan Jack, John Lundstram; Scott Arfield, Steven Davis, Ryan Kent; Alfredo Morelos.

Napoli: Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Kim Min-Jae, Mario Rui; Andre-Frank Zambo Anguissa, Stanislav Lobotka, Piotr Zielinski; Matteo Politano, Giovanni Simeone, Khvicha Kvaratskhelia.