Beli Kreatif Sumsel 2022, Libatkan 200 UMKM Dilatih Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing

Palembang – Dalam rangka akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional pasca Pandemi Covid-19 khususnya di Sumsel, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA., dan Wakil Menteri Parekraf Indonesia, Angela Herliani Tanoesoedibjo, B.A., M.Com., bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru meLaunching Beli Kreatif Sumatera Selatan 2022 di Griya Agung, Rabu (14/9/2022).

Sandiaga berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi di Sumsel. Selain melalui Beli Kreatif,  Kemenparekraf juga memiliki Poltekpar Palembang yang akan menghasilkan SDM unggul berbasis pariwisata masyarakat.

“Beli Kreatif ini melibatkan 200 pelaku umkm yang telah melalui proses akurasi dan berbagai penilaian. Akan diberikan pelatihan bagaimana cara menaikan omzet dan november akan diukur melalui kegiatan harvesting. Saya tergetkan ada kenaikan omzet 20-35 persen,” katanya.

Sementara itu, HD ungkapkan pelaku ekonomi kreatif termasuk para petani menjadi garda terdepan dalam pertumbuhan ekonomi  Sumsel. HD berharap adanya Beli Kreatif akan menambah semangat para pelaku ekonomi kreatif agar lebih kreatif, inovatif, dan produktif.

“Untuk itu, kami berharap Pak Menteri mendukung kami (Sumsel) dalam 3 hal yaitu meningkatkan keterampilan, wawasan, dan kreativitas para pelaku ekonomi kreatif, kedua permodalan, dan terakhir pemasaran salah satunya melalui e-commerce milik Kemenparkraf,” ujarnya.

Meskipun pertumbuhan ekonomi di Sumsel sangat baik, namun Sumsel masih memiliki inflasi daerah yang tinggi. HD tuturkan ini disebabkan oleh Potensi daerah yang masih belum terkelola dengan maksimal. Dan sebaliknya bila dikelola dengan kreatif, Ia optimis inflasi di Sumsel dapat ditekan hingga dibawah 5 persen.