HD: Revolusi Mental, Perubahan Tidak Hanya Satu Aspek, Tapi Harus Berbagai Aspek

Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Gerakan Nasional Revolusi Mental Wilayah Barat yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Hotel Wyndham Opi Palembang, Kamis (20/10/2022).

Dalam sambutannya HD mengucapkan Terima kasih telah menunjuk Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Rakornas kali ini.

“Ditahun 2014 Kata Revolusi Mental ini sering sekali kita dengar.  Dan selama ini telah terjadi, maka Saya anggap ini sesuatu yang luar biasa, kita diingatkan kembali tentang tekad kita bersama untuk merevolusi tekad kita masing-masing” ujar HD.

Dilanjutkan HD, tapi  tentunya harus datang dari diri kita msing-masing atau dengan contoh atau keteladanan . Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dimana orang selalu mengkonotasikan Sumsel Mandiri Pangan hanya beras gandum dan makanan pokok , namun  itu perubahan pola pikir dari kebiasaan membeli menjadi kebiasaan menghasilkan.

” Saya mengajak ketua gugus tugas di Kab/Kota bahwa revolusi mental itu tidak hanya merubah dari mental buruk ke mental baik, bukan  satu aspek saja. Kita berhasil mempertahankan Sumsel  sebagai zero konflik yang tercatat kokoh.  Saya sangat berterima kasih kepada ketua pelaksana yang mengajak kita smua utk mengingatkan ini”  tambah HD.

Harapan HD, fleksibelitas baik aparat maupun pelaksana dilapangan dan  memberi keteladanan agar dapat ditiru dan diikuti masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangun Manusia dan Kebudayaan RI  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P mengatakan  sangat setuju dengan apa yang Gubernur Sumsel katakan , bahwa perubahan mental bukan hanya perubahan mental buruk ke baik.

“Bahwa kita semua ini harus belajar perubahan perilaku ,kalau prilaku kita berubah, nah itu namanya belajar” ujar Muhadjir.