BLT-BBM untuk Ojol Masih Tahap Verifikasi

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM), Ratu Dewa (Foto: Yanti)

Palembang – Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai kompensasi atas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) bersubsidi untuk pengemudi Ojek Online (Ojol) di Kota Palembang masih dalam tahap verifikasi data.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa, mengatakan bantuan BLT-BBM itu masih perlu diverifikasi karena banyak anggota Ojol yang tergabung dalam asosiasi belum memenuhi syarat sebagai penerima bantuan.

“Perlu singkronisasi validasi data yang masuk karena banyak anggota Ojol yang tergabung dalam asosiasi sebagai penerima bantuan belum memenuhi peraturan yang berlaku,”katanya.

Pihaknya akan memverifikasi faktual data yang masuk agar tidak ada duplikasi data sehingga alokasi bantuan tersebut nantinya tepat sasaran.

“Saya sudah minta Dinas Perhubungan (Dishub) dan Inspektorat agar turun ke lapangan memvalidasi data Ojol ini sehingga nantinya menjadi singkron dan alokasinya pun tepat sasaran,” ujarnya.

Dia mengatakan BLT tersebut akan direalisasikan paling  lambat minggu ketiga bulan November 2022.

Pemkot Palembang sebelumnya juga telah memetakan target sasaran penerima bantuan kompensasi penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, bersumber dari dana yang transfer ke daerah berupa Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Ia mengatakan target calon penerima bantuan kompensasi BBM subsidi menyasar ke berbagai profesi yang terdampak secara ekonomi.

Sasaran tersebut, antara lain tukang ojek daring atau ojol, sopir angkutan umum, nelayan, dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagaimana yang sudah ditargetkan pemerintah provinsi setempat.