Polda Sumsel Simulasi Sispamkota Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Palembang – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menggelar Tactical Floor Game (TFG) dalam simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) terkait pengamanan Pemilu 2024 di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Kegiatan simulasi yang digelar di Mapolda Sumsel, Selasa, dipimpin Kapolda Sumsel Irjen Pol.A.Rachmad Wibowo dihadiri Asintel Kodam II/Sriwijaya Kolonel inf Muhammad Nas, Kasatpol PP Sumsel Aris Saputra dan sejumlah pejabat instansi terkait lainnya.

Kapolda Irjen Pol. A.Rachmad Wibowo pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran secara teknis dan taktis sekaligus cara bertindak yang cepat, tepat dan efektif bilamana terjadi situasi kontijensi, ataupun gejolak sosial saat Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Simulasi ini hanya peragaan, dengan persiapan sispamkota  yang didukung TNI, Satpol PP dan instansi terkait lainnya sehingga diharapkan tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat ketika Pemilu dan Pilkada 2024.

Dalam kegiatan simulasi sispamkota ini yang paling utama keselamatan diri sendiri  personel yang bertugas melakukan pengamanan dan keselamatan masyarakat.

“Simulasi dan latihan TFG harus dilakukan agar seluruh personel yang terlibat dalam sispamkota memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, terlebih khusus jalur koordinasi yang harus ditempuh guna keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban di lapangan,” kata Kapolda Sumsel.

Sementara Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhammad Ngajib menambahkan melalui kegiatan tersebut dapat menguatkan sinergisitas penanganan kontijensi terpadu antara TNI, Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

“Personel yang terlibat dalam Sispamkota Pemilu 2024  diharapkan dapat lebih siap dan siaga apabila nantinya terjadi situasi yang tidak diharapkan dalam pelaksanaan pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu, serta tetap semangat dalam melaksanakan tugas di lapangan,” ujar Kapolestabes Palembang.