Pemkot Palembang Dorong UMKM Manfaatkan Momentum Tahun Baru

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Foto: Ist)

Palembang – Pemerintah Kota Palembang mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terpuruk dampak pandemi COVID-19 kembali bangkit memanfaatkan momentum Tahun Baru 2023.

“Memasuki Tahun Baru yang tinggal beberapa hari lagi, pelaku UMKM yang dua tahun terakhir terpuruk untuk bergerak menjalankan usahanya secara normal karena pandemi COVID-19 mulai bisa dikendalikan,” kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, Selasa.

Menurut dia, pelaku UMKM sudah saatnya berusaha seperti biasanya, namun jangan lalai menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada setiap pelanggan yang datang ke tempat usaha seperti wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

Untuk mendorong pelaku UMKM bisa menjalankan usahanya secara normal, pihaknya pada tahun 2023 berupaya lebih meningkatkan program bantuan modal bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk menggerakkan ekonomi rakyat.

“Melalui peningkatan program bantuan modal tersebut diharapkan pelaku UMKM di Bumi Sriwijaya ini bisa kembali menjalankan usahanya yang sebagian sempat berhenti dampak wabah virus Corona dan bisa segera berkembang,” katanya.

Dia menjelaskan, sejak beberapa tahun lalu pihaknya mengucurkan program bantuan modal usaha tanpa agunan masing-masing sebesar Rp3 juta kepada pelaku UMKM.

Program tersebut pada awalnya diberikan kepada 1.000 pelaku UMKM, melihat besarnya manfaat program tersebut, program tersebut diupayakan menjangkau sasaran yang lebih luas.

Untuk menyalurkan bantuan modal usaha bagi UMKM itu, pihaknya menggandeng BPR Palembang sehingga bisa lebih tertib pengelolaan dananya.

“Selain membantu modal usaha, pihaknya juga berupaya membantu memasarkan produk yang dihasilkan pelaku UMKM di berbagai kegiatan lokal, nasional, dan internasional,” ujar Wawako Fitrianti.