Tiga Nilai Raport Dampak GSMP, Pengendalian Inflasi, Penurunan angka Kemiskinan dan Stunting

Palembang – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang di canangkan Gubernur Sumsel H Herman Deru pada tahun 2021 lalu telah memberikan 3 nilai raport baik dan Sumsel yang pertama.

Sumsel masuk kedalam 10 Provinsi terbaik dalam mengendalikan inflasi. Kedua, dalam 10 tahun ini, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik angka kemiskinan di Provinsi Sumsel  mengalami penurunan secara drastis, yaitu yang tadinya  selalu di angka 12 skrg diangka 11 dan yang ketiga Sumsel Juga menjadi  Provinsi terbaik dalam penurunan stunting.

Hal tersebut disampaikam HD saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah dan Pembangunan Daerah (RAKORWASINKEUBANGDA) Tingkat Prov. Sumsel dengan Tema “Kolaborasi dan Sinergi APIP dalam Pengawasan Intern Mengawal Suksesnya GSMP” di Hotel Santika Premiere, Rabu (1/02/2023).

Menurut HD, ini merupakan komitmen yang dibangun secara formal dan  kinerja para kepala daerah di Kabupaten /Kota Se Sumsel yang patut di apresiasi.  HD mengajak Para Kepala Daerah untuk mengalokasikan pendanaan untuk gerakan GSMP kepada masyarakat.

“Saya ingin kehadiran BPKP dapat mentriger ini, sehingga mulai dari perencanaan pelaksanaan dan produknya tidak sia sia.  Sumsel tidak sekedar menjadi lumbung pangan tetapi punya kemandirian dalam mencukupi  pangannya, bahkan bisa menjadi suplai ketempat lain. kita tidak hanya berpikir membeli tetapi bergeser ke menghasilkan” jelas HD.

Juga dilaksanakan Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Sumsel, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perwakilan BPKP Sumsel dan Bank Sumsel Babel  tentang pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi  transaksi antara Rekening Kas Umum Daerah dan aplikasi FMIS.