GNPIP Sinergi Dengan GSMP Tingkatkan Perekonomian Daerah

Palembang – Hal tersebut dilakukan pada Soft Launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Selatan dengan tema “Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan Nasional Melalui Program Sumsel Mandiri Pangan (GSMP)” di Ballroom Hotel Arista Palembang, Jumat (24/2/2023).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengapresiasi Bank Indonesia (BI) yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan Sumsel sebagai tuan rumahnya. Menurutnya GNPIP adalah bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah kepada masyarakat di Sumsel dan Nasional.

GNPIP untuk Sumatera dipusatkan di Sumsel, karena Sumsel merupakan Provinsi tertua dan menjadi salah satu Provinsi dari 10 Provinsi terbaik dalam pengendalian inflasi. GSMP adalah salah satu program yang berperan dalam pengendalian inflasi daerah. Dan telah dilaunching sejak bulan November tahun 2021.

HD ungkapkan awalnya GSMP dibentuk karena adanya kontraksi perekonomian akibat pandemi covid-19. Komoditas pertanian adalah salah satu sektor yang berkontribusi dalam inflasi di daerah. GSMP hadir untuk mengubah pola pikir masyarakat dari konsumtif menjadi produktif dengan sosialisasi secara masif.

“Kita ajak para pelaku usaha, para tokoh perbankan, korporasi yang berkemungkinan memberi CSR menjadi stimulus untuk mempercepat GSMP. Dan melibatkan Kab/Kota se-Sumsel” katanya.

Menurutnya, semenjak dicanangkan, GSMP memberikan berbagai dampak yang sangat baik dalam berbagai sektor antara lain, Sumsel menjadi salah satu daerah pengendali inflasi terbaik di Indonesia, angka kemiskinan yang turun secara signifikan pada angka 11 persen hal ini tidak pernah terjadi selama 10 tahun terakhir, dan menjadi salah satu dari 3 Provinsi dengan penurunan stunting terbaik di Indonesia.