Delapan Rumah Ludes Terbakar di Kawasan Lorong Siliwangi 5 Ulu

PALEMBANG – Kebakaran terjadi di lokasi pinggiran Sungai Musi tepatnya di Lorong Siliwangi, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan SU I, Palembang, Sabtu (1/4/2023) sekira pukul 09.40 WIB. Sedikitnya, ada delapan rumah yang ludes terbakar.

Api semakin membesar melumat rumah – rumah yang sebagain terbuat dari kayu ini, ditambah petugas pemadam kebakaran sulit  untuk masuk karena akses jalan tempat kejadian perkara (TKP) tidak bisa dimasukin mobil damkar yang dikerahkan sebanyak 13 unit.

Sehingga warga berjibaku berusaha memadamkan api, dengan petugas damkar menggunakan selang panjang. Dengan dibantu oleh Kapal Pemadam Kebakaran yang menyiramkan api dari Sungai Musi.

Personil Sat Polairud Polrestabes Palembang membantu pemadaman kebakaran dari Sungai Musi menggunakan Kapal Tunda KJ 03 dan KJ 05 dari PT. Penajam dan PT. BA. Sekitar 3  jam api akhirnya sudah berhasil di padamkan.

Koordinator Lapangan PBK Merdeka, M Nopranto ketika di wawancarai mengatakan pihaknya menerjunkan ada 13 unit mobil Damkar dari 5 pos yang dimiliki. “Kendala yang kita hadapi yakni jalan masuk sempit, menggunakan pompa apung dari sungai 2 unit, serta menggunakan selang sepanjang 300 – 400 meter,” ujarnya.

Lanjutnya, dari informasi diperoleh dari lapangan ada delapan rumah yang terbakar. “Untuk dugaan penyebab kebakaran kita belum tau, kita datang setelah api sudah membesar di informasikan oleh masyarakat,” tukasnya.

Bu Tin salah satu korban mengatakan saat api muncul tau dari tetangga yang saat kejadian melintas melihat api sudah membesar dan ada suara ledakan keatas. “Lalu menyambar kerumah orang tua kami rumah lama terbuat dari panggung, masih ditunggu,” ujarnya.

Kapolsek SU I Kompol A Firdaus membenarkan adanya kebakaran di kawasan 5 Ulu. “Saat ini api sudah berhasil dipadamkan, untuk penyebab masih dalam penyelidikan,” katanya ditemui di TKP.