HD Buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Prov. Sumsel Tahun 2024

Palembang – Gubernur Sumsel, H. Herman Deru (HD) menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Prov. Sumsel Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Novotel Palembang, Kamis (13/4/2023).

Mengawali sambutannya HD mengatakan bahwa perencanaan yang dibuat bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sumsel.

“Dimana dalam perencanaan tersebut harus dilakukan juga sinkronisasi antar pemerintah daerah dan kab/kota, sehingga tujuan dari apa yang direncanakan dapat cepat terwujud”, ucap HD.

HD menambahkan bahwa dari sekian banyak program kerja yang dimiliki tentunya harus dilaksanakan dengan memiliki skala prioritas.

HD juga mengatakan bahwa prestasi dan capaian yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Sumsel saat ini merupakan hasil dari kinerja berbagai pihak tidak hanya sekedar pekerjaan Pemprov Sumsel saja melainkan juga hasil dari pekerjaan semua sektor dari Bupati, Walikota dan berbagai instansinya.

Berkaitan dengan musrembang yang dilaksanakan HD berharap didalam dialog nanti untuk dapat diberikan bimbingan agar Pemprov Sumsel dapat menyelaraskan tujuan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah kab/kota.

Dalam kesempatan itu, HD juga menyerahkan Penghargaan pembangunan daerah 2023 provinsi sumsel di tingkat kab/kota  kepada penerima penghargaan yaitu Kab. OKUT, Kab. Banyuasin, Kab. Muba, Kota Pagar Alam, Kota Palembang, dan Kota Prabumulih.

Sementara itu Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Drs. A. Fatoni, M.si menyampaikan beberapa hal yang harus dilaksanakan oleh Pemprov Sumsel diantaranya Musrenbang perlu didorong sebagai forum menampung aspirasi dan masukan dari berbagai stakeholder, Pengoptimalan pengelolaan potensi daerah, Kolaborasi berbagai pihak termasuk non pemerintah dalam pembangunan, dan Memperhatikan dengan aktif dinamika berbagai kebijakan dan arahan pembangunan nasional tahun 2024 untuk menjamin sinkronisasi, keselarasan dan berkesinambungan pembangunan pusat dan daerah.