Festival Susur Sungai Lubuk Guci Emas Bebiduk Besamo di Muaro Pijoan

MUARO JAMBI – Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH,. MH., mendampingi Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abudullah Sani S.Pd.i melakukan susur sungai Lubuk Guci Emas pada Festival Bebiduk Besamo di Muaro Pijoan, Muaro Jambi, Jambi, Rabu (2/8/2023).

Pj. Bupati Bachyuni Deliansyah menyampaikan, Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari berbagai disiplin ilmu itu digelar dalam rangakaian Kenduri Swarnabhumi 2023 dengan tujuan menelusuri jejak peradaban masa lalu di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Serangkaian kegiatan diselenggarakan pada ekspedisi Batanghari di Kabupaten Muaro Jambi seperti perjalanan menuju kawasan lubuk larangan guci emas desa Muaro Pijoan.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya menguatkan kebanggaan masyarakat di daerah aliran Sungai Batanghari sehingga meningkatkan semangat nasionalisme dalam mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya dan cagar budaya nasional,” kata Bachyuni Deliansyah.

Selain itu, diharapkan dapat mendorong pemerintah dan masyarakat agar dapat menginisiasi berbagai program dan aktivitas lanjutan di daerah aliran Sungai Batanghari “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk dapat terlibat dalam program bersama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi. Kami mengharapkan ke depan dapat terus bekerja sama dengan baik dalam ekspedisi Batang Hari libido bersama Swarnabumi serta program-program lainnya dan jangan pernah bosan untuk terus memberikan evaluasi kepada kami,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, Pj Bupati Muaro Jambi, Kapolres Muaro Jambi, Kajari Muaro Jambi, anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi dan juga DPRD Provinsi Jambi serta tamu dari Kementerian.