HD: PORPROV dan PEPARPROV Ajang Siapkan Atlit menuju PON 2024

Lahat – Dalam mempersiapkan atlit menuju PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh, Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sumatera Selatan XIV dan Pekan Paralimpik Provinsi IV (PEPARPROV) Tahun 2023. Sebagai Tuan Rumah Kabupaten Lahat.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru saat membuka PORPROV XIV dan PEPARPROV Sumsel IV Tahun 2023 mengatakan PORPROV dan PEPARPROV merupakan event olahraga yg ditunggu setiap Kabupaten untuk menjdi tuan rumah. Yang tentunya harus dibarengi dengan Kesiapan Venue dan infrastruktur yg telah terbangun maupun yang sudah tersedia.

“Kesiapan infrastruktur tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pemulihan ekonomi. Karena akan banyak transaksi jual beli UMKM dan IKM. Untuk itu sebagai tuan rumah layani tamu dengan baik dan ramah” ujar HD

Dilanjutkan HD dulu rangking kita di PON selalu di belakang. Namun di Papua tahun lalu peringkat Sumsel meningkat.

“Ajang ini untuk menjaring atlit berprestasi. Wasit dan juri serta atlit PORPROV dan PEPARPROV harus tegakkan sportitifitas, harus menang karena memang tangguh, bukan dengan memanipulasi. Kepada Pimpinan kontingen harus memberikan pengarahan kwpada atlitnya.

Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan event olahraha ini dapat dijadikan ajang silaturahmi, terciptanya harmonisasi , hubungan baik serta sebagai wadah meraih prestasi berlandaskan disiplin dan sportivitas. Dan merupakan kebanggan Lahat menjadi Tuan rumah.

Ketua Panitia PORPROV XIV H. A. Syamsuddin melaporkan perlombaan berlangsung dari Tanggal 14 – 24 September 2023 diikuti 13.360 atlet
mempertandingkan 44 cabor dan 817 nomor pertandingan serta 3.011 medali.