Pj Gubernur Sumsel Fatoni Ingatkan Kades Menfaatkan Dana Desa untuk Program Strategis

Palembang – Pj. Gubernur Sumsel menghadiri sekaligus membuka Acara Seminar Nasional  Bersama Kepala Desa se Kabupaten Musi Banyuasin dengan Tema “Ketahanan Pangan Lokal dan Gizi untuk Pencegahan Stunting” bertempat di Hotel Aryadhuta Palembang, Sabtu (28/10/2023).

Hadir juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Giri Ramanda , GM Sumatera Ekspres Hj. Nurseri Marwah , Para Kepala OPD Prov Sumsel.

Fatoni dalam sambutannya mengatakan peningkatan kapasitas semacam ini penting, agar wawasan bertambah, ilmu bertambah . Semakin banyak mengunjungi daerah/tempat semakin banyak wawasan kita.

“Terkait dengan penanganan stunting, ini bisa dilakukan oleh Kepala Desa , oleh karena itu Kades dalam pengelolaan anggaran difokuskan pada program-program strategis yang prioritas, dan yang sangat penting dan dilaksanakan . Jangan digunakan kegiatan rutin yang tidak bermanfaat atau tidak berdampak kepada masyarakat ” tegas Fatoni.

Dilanjutkannya kondisi di masyarakat harus lebih baik dari sebelumnya. karena masyarakat lebih terbiasa dengan pesta demokrasi, jangan kita bermusuhan gara-gara masalah politik. Peran kades itu sangat strategis, memang semakin baik posisi, semakin banyak yang bisa kita lakukan.

“Kewenangan, jabatan yang diberikan kepada kita ini harus kita kerjakan dengan sebaik-baiknya” pesan Fatoni.

Sementara itu Pj. Bupati Musi Banyuasin Drs. H. Apriyadi MSi melaporkan sampai hari ini lokasi lahan gambut yang paling dikhawatirkan. Karhutla Alhamdulillah tetap terjaga tidak terjadi kebakaran .

“Di Kabupaten Muba , sama seperti Kabupaten/kota lain , beserta seluruh stakeholder kami melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dikoordinasikan dan dikolaborasikan . Karena di Desa ada dialokasikan untuk pencegahan stunting di desa masing2” ujar Apriyadi.