Gercep, Hani S Rustam Turunkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir

Rantau Bayur – Guna melihat dan merasakan langsung apa yang dirasakan oleh masyarakat yang ada di beberapa Desa di Kecamatan Rantau Bayur yang terdampak banjir, Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam, SH bersama dengan Sekretaris Daerah Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST, MM, MBA, IPU, Asian Eng, didampingi sejumlah Kepala OPD, dan Forkopimda Banyuasin, turun langsung meninjau titik banjir yang ada di Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Senin (22/1/2024).

Setelah melihat langsung secara dekat pemukiman warga yang terdampak Banjir, Hani menyerahkan langsung bantuan gabungan dari Pemkab Banyuasin, Kemensos, BPBD hingga Baznas yakni, sejumlah sembako, beras, dan bantuan kepada anak yang beresiko stunting di Kantor Camat Rantau Bayur, yang nantinya akan didistribusikan ke masyarakat yang ada di Desa-desa terdampak Banjir musiman ini.

Dalam arahannya, Hani mengatakan hal ini sebagai wujud nyata bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin hadir ditengah masyarakat guna memberikan support berupa dukungan moril kepada masyarakat, sekaligus antisipasi dan deteksi dini sebagai upaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

“Beberapa hari terakhir saya mendapat informasi ada beberapa desa yang mengalami musibah banjir, untuk itu pemerintah harus turun langsung dalam kondisi seperti ini, supaya masyarakat yang terdampak musibah merasa tenang aman nyaman dan damai atas kehadiran kita,” ujarnya saat dibincangi usai meninjau titik banjir.

Dirinya menghimbau kepada warga, jika debit air terus tinggi agar mengungsi ke rumah keluarga yang tidak terdampak banjir, karena melihat arus air yang deras. Meskipun banjir ini merupakan banjir musiman yang terjadi setiap tahunnya.

“Untuk itu kami meminta kepada tim segera bersiaga, dari segi keselamatan hingga kesehatan masyarakat diperhatikan. Mari kita cegah sedini mungkin bencana banjir ini sehingga tidak menelan korban jiwa,” tambahnya.