Program Pemerintah Untuk Masyarakat di Bulan Ramadhan, Mudik Gak Perlu Bayar

Palembang – kabar gembira untuk semua masyarakat Sumatera Selatan. Hari ini, Jum’at (8/3/2024) telah resmi dilaunching Gerakan Mudik Gratis Serentak Se Sumatera Selatan (GMGSS) Tahun 2024 oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Ka. Dinas Perhubungan Prov. Sumsel, H. Arinarsa JS, dimana ia menjelaskan dalam press conference nya bahwa program GMGSS tersebut diinisiasi oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni untuk membantu masyarakat Sumsel agar dapat mudik pada saat lebaran nanti.

Arinarsa menambahkan program GMGSS bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang berdomisili Sumsel dengan syarat menyertakan bukti pembayaran pajak kendaraan.

“Pak Pj. Agus Fatoni meluncurkan mudik gratis se Sumsel, dikhususkan kepada seluruh masyarakat sumsel. Selain KTP, Kita harapkan juga untuk menunjukan bukti lunas pajak kendaraan, ini yang diutamakan. Selain itu juga mendorong masyarakat untuk taat dan patuh dalam membayar pajak”, tuturnya.

Ia juga menjelaskan untuk Angkutan Bus perjalanan mudik dalam provinsi disiapkan sebanyak 10 Bus dan untuk perjalanan mudik keluar Provinsi sebanyak 8 Bus dengan jumlah kapasitas penumpang maksimal sebanyak 700 orang.

Adapun rute perjalanan yang tersedia untuk dalam provinsi sebanyak 5 (lima) rute perjalanan dengan rincian sebagai berikut : Palembang – Lahat – Pagar Alam – Pendopo; Palembang – Lahat – Tebing Tinggi; Palembang – Musi Banyuasin – Lubuk Linggau – Musi Rawas Utara; Palembang – Kayu Agung – Belitang – Muara Dua; dan Palembang – Muara Enim – Baturaja – Martapura – Muara Dua.

Untuk rute perjalanan mudik luar provinsi ada 6 (enam) rute perjalanan yaitu, Palembang – Padang Sidempuan (Medan); Palembang – Kota Medan (Terminal Tipe A Amplas); Palembang – Bukit Tinggi (Padang); Palembang – Solok – Lubuk Basung (Padang); Palembang – Solo (Terminal Tipe A Tritonadi); Palembang – Surabaya (Terminal Tipe A Purbaya);

Arinarsa menjelaskan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program tersebut dapat mendaftarkan diri secara online pada tanggal 25 Maret 2024 nanti, melalui website yang telah disediakan.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa keberangkatannya nanti akan dilepas langsung oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni di Terminal Alang – Alang Lebar untuk Transportasi Bus dan Kertapati untuk Transportasi Kereta Api.

Mengakhiri press conference, Arinarsa meminta kepada seluruh media yang hadir untuk menyebarluaskan informasi tersebut agar program GMGSS dapat termanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Sumsel.