Jambore Kader PKK, Pj Ketua PKK Muba Ikuti Senam Bersama dan Tanam Cabai

JAKARTA – Masih dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan jambore kader PKK tingkat provinsi Sumsel tahun 2024, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Hj Triana Sandi Fahlepi mengikuti senam bersama kader PKK se Provinsi Sumsel, kemudian dilanjutkan menanam cabai dan menanam bibit pohon duku. Kegiatan dipusatkan di anjungan Sumsel, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jumat (26/04/24) pagi.

Senam bersama berlangsung selama hampir 1 jam lebih dan diikuti dengan antusias oleh para peserta. Usai senam bersama, Pj Ketua TP PKK Tyas Fatoni dan para Ketua TP PKK Kabupaten/Kota menanam cabai di pekarangan anjungan Sumsel.

Tyas menyebut kegiatan jambore kader PKK untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan di antara para kader PKK dengan kegiatan positif dan semangat dalam diri.

“Jambore kader PKK rutin dilaksanakan tiap tahun, dan kali ini kita selenggarakan di TMII, harapannya bisa menggelorakan semangat para kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan. Itu sebab kita pagi ini juga senam bersama”, ujarnya.

Adapun penanaman cabai diungkapkan Tyas ini dilakukan untuk mendukung gertam cabai yang sudah dilaksanakan secara nasional, begitu pun di pemprov Sumsel.

Tanam cabai dikatakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menanam sayuran dan buah bisa dimulai dari pekarangan sendiri. Selain bisa memanen sendiri, juga membantu pemerintah dalam menekan inflasi.

“Menanam cabai bisa kita mulai dari diri sendiri, dengan pemanfaatan lahan pekarangan semaksimal mungkin. Menanam cabai tergolong mudah dengan masa panen yang tidak terlalu lama. Ini juga sesuai dengan program kerja PKK Sumsel dalam pokja III”,katanya.

Tak hanya itu, guna peningkatan capacity building kader PKK, para peserta menerima penyampaian materi dari narasumber Sri Sumahardani yang menjelaskan tentang manajemen stress dan pentingnya untuk selalu tersenyum guna mengurangi stress dan meningkatkan imun tubuh.

“Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi senyumlah untuk menjadi bahagia”, ujarnya.