​Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 1 Juli

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia. Prakiraan cuaca ini berlaku untuk Senin (1/7/2024).

Prakirawan BMKG, Dendi Rona Purnama mengatakan, di pulau Sumatra, cuaca berkabut diprakirakan terjadi di kota Pekanbaru. Sementara, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Palembang

Kemudian, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh. Sedangkan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Padang, Jambi, Bengkulu, dan Tanjung Pinang.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Medan. “Perlu diwaspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Pangkal Pinang dan Bandar Lampung,” kata Dendi.

Beralih ke pulau Jawa, cuaca berawan diprakirakan terjadi di sejumlah kota, seperti Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota, seperti Serang, Bandung, dan Jakarta.

Selanjutnya, di pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota, seperti Denpasar dan Mataram. “Cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Kupang,” ujarnya.

Sedangkan di pulau Kalimantan, cuaca umumnya hujan disertai petir di sejumlah kota. Terutama, untuk kota Banjarmasin, Samarinda, Palangkaraya, Pontianak, dan Tanjung Selor.

Beralih ke pulau Sulawesi, cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Manado. Sementara, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota, seperti Gorontalo, Makassar, dan Mamuju.

“Sedangkan untuk kota Palu dan Kendari berpotensi hujan dengan intensitas sedang,” ucapnya.

Berikutnya, di wilayah Indonesia Timur, potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura. (net)