Transaksi Daring Turunkan Omset Pedagang Peralatan Sekolah Palembang

Palembang – Sejumlah warga Kota Palembang, Sumatera Selatan memilih membeli buku tulis secara online dibandingkan membeli di pasar karena lebih mudah dan hemat.

Menurut beberapa warga, menjelang tahun ajaran baru 2024 buku memang menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk sekolah selain seragam sekolah.
“Ya sekarang kan memang jaman serba online ini, kami lebih memilih membeli buku di online selain hemat waktu, bisa juga menghemat harga,” kata Ridho seorang warga.
Ia menambahkan meskipun membeli secara online akan dikenakan biaya ongkos kirim. Namun apabila membeli dalam jumlah yang cukup banyak, maka hitungan harganya juga tidak lebih mahal dibandingkan membeli di pasar.
Sedangkan Ari seorang warga mengatakan dirinya kali ini lebih memilih membeli secara online karena menurutnya ia mendapatkan informasi dari temannya bahwa harga buku secara online sedikit lebih murah harganya.
“Lebih murah ya, tanpa harus keluar rumah, buku akan diantarkan oleh kurir dan harganya juga tidak terlalu berbeda jauh,” katanya.
Sementara itu beberapa tokoh seragam dan peralatan sekolah di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang penjualan buku tulis nampak sedikit lesu. Akan tetapi para pedagang memperkirakan para pembeli akan mulai ramai pada biasanya H-5 sebelum siswa kembali masuk sekolah.
“Biasanya H-5 di toko saya mulai ramai pembelian oleh warga, dan saat ini memang masih belum ramai pembeli, namun tetap ada ya dan kami bersyukur,” katanya.
Namun berbeda dengan toko buku di kawasan Kertapati, Palembang, warga berbondong-bondong membeli buku dan alat tulis serta perlengkapan sekolah lainnya. (ant)