Ketua Tim Perahu Hias Mardian, Merasa Bangga dan Bahagia

Palembang – Lomba perahu bidar tradisional dan perahu hias yang digelar oleh Dinas Pariwisata Palembang berlangsung meriah.

Ribuan masyarakat Palembang, turut menyaksikan perlombaan bidar yang digelar di Sungai Musi Palembang.

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang untuk memeriahkan HUT ke-79 RI. Agenda ini akan di pusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB).

Hasilnya, perahu hias dari kecamatan Kalidoni, Sematang Borang dan Ilir Timur 3 mendapatkan juara 1.

Ketua Tim Perahu Hias Mardian, merasa bangga dan bahagia atas terpilihnya perahu dari 3 kecamatan yang mendapatkan juara 1.

Tidak mudah untuk mendapatkannya, karena kita benar benar berpikir bagaimana perahu yang kita hiasi bisa semenarik mungkin.

Dengan waktu yang cukup lama hampir setengah bulan dikerjakan.

“Alhamdulillah dengan kerja keras dan unik perahu berlambang Garuda bisa mendapatkan Juara 1,” jelas Mardian yang juga pengrajin perahu hias tahunan.

Ia juga berterimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras untuk menghiasi perahu dengan mendapatkan juara 1 dan Sponsor atas dukungan nya.

Sementara itu, Pj Walikota Palembang, A Damenta mengatakan, Palembang sesungguhnya memiliki potensi kekuatan budaya serta pariwisata yang harus terus bertumbuh dan berkembang.

“Harus kita tingkatkan agar menjadi peluang dalam meningkatkan perekonomian khususnya pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kota Palembang,” katanya.

Ia menuturkan bahwa lomba bidar dan perahu hias menjadi salah satu atraksi seni budaya yang diangkat dan dijadikan momentum dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Menjadi agenda wisata setiap tahun serta diharapkan mampu menarik minat kunjungan wisatawan ke Kota Palembang baik skala lokal, regional, nasional maupun mancanegara,” kata A Damenta.

Selain itu, ia juga meminta agar kegiatan ini dapat secara konsisten diselenggarakan setiap tahun bahkan dapat mengundang peserta dari luar daerah dan luar negeri.

“Pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan pendapatan asli daerah. Kita patut berbangga bahwa Festival Perahu Bidar Tradisional tahun 2024 merupakan penyelenggaraan event berskala nasional yang dikemas dalam Karisma Even Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, untuk itu kami ucapkan terima kasih dan apresiasi,”tutupnya.